web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Helm Airbag Hoyding untuk Pesepeda

    Helm Airbag Hoyding untuk Pesepeda

    • Senin, 17 Oktober 2016 | 15:32:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews – Sama seperti pengendara motor, pesepeda juga butuh alat pelindung keselamatan, terutama di kepala. Meski telah ada helm khusus pengendara sepeda, tapi alat itu dinilai kurang optimal memberi perlindungan.

    Namun kini, hadir airbag pelindung kepala bagi pesepeda bernama Hoyding yang diproduksi oleh sebuah perusahaan asal Swedia. Hoyding tak seperti helm, tapi bekerja sebagai airbag untuk melindungi kepala pengendara roda dua.

    Hoyding yang dikenakan di sekitar leher seperti syal dan terbuat dari kain nilon ultra kuat yang tidak akan robek ketika tergores atau terbentur. Airbag mengembang dan melindungi kepala saat sensor menangkap sinyal benturan, seperti kecelakaan atau pengendara sepeda terjatuh. Hoyding mengembang secara otomatis dan menjadi bantalan kepala.

    Belum lama ini, ilmuwan dari Universitas Stanford melakukan penelitian tentang keselamatan pengguna Hoyding. Hasil penelitian itu dipublikasikan oleh Jurnal of Biomedical Engineering. Dari penelitian itu diperoleh fakta, pengguna Hoyding enam kali lebih aman dibanding helm konvensional.

    Sayangnya, Hovding baru tersedia di Eropa dengan harga 299 Euro atau sekitar Rp4,3 juta per unit. Alat ini menggunakan tenaga dari baterai yang dapat diisi ulang selama tiga jam. Hoyding tersedia dalam tiga ukuran, kecil, sedang dan besar. Cara menggunakannya, setelah Hoyding terpasang di sekitar leher seperti syal, tekan tombol on di sisi kanan kerah. Perangkat ini aktif selama sepuluh jam dalam sekali pemakaian. (*)

     

    Oleh: akbar aulia / bar

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Dunia Berlomba Buat Kapal Kargo Otonom
    Lahan Parkir di Hong Kong Laku Rp8,8 Miliar
    Indahnya Patung Pasir Karya Toshihiko Hosaka
    Beruang Madu Masuk Rumah dan Main Piano
    Bergeun, Desa Yang Tak Boleh Dipotret
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Selamat Hari Raya Idul Fitri
      Selamat Hari Raya Idul Fitri

      DENGAN rasa suka cita dan senang, kita menyambut Hari Kemenangan, bercampur sedih, karena kita ditinggalkan bulan Ramadan yang penuh berkah.