web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Ini Dia Sosok Peraih Emas Pertama Peparnas XV
    Azwar Saputra

    Ini Dia Sosok Peraih Emas Pertama Peparnas XV

    • Minggu, 16 Oktober 2016 | 21:54:00 WIB
    • 0 Komentar

    DI hari pertama, emas pertama diraih oleh Azwar Saputra. Atlet lari asal Bangka Belitung itu menjadin yang tercepat di lomba lari nomor 5000 meter. Dia ternyata seorang tuna rungu dan juga tuna wicara.
    Saat berada di Media Center Peparnas XV di Ibis Hotel, Jalan Gatot Subroto Bandung, Azwar menjadi perhatian wartawan. Sebelum konprensi pers digelar, pemuda berusia 19 tahun itu sudah siap bersama pelatihnya, Ahmad Naji.
    Kontan sejumlah wartawan yang ada di media center mencoba mewawancarainya. Namun, untuk melakukan hal itu terkendala komunikasi dan bahasa yang dilakukan. Para wartawan kesulitan karena harus menggunakan bahasa isyarat. Lucunya, sang pelatih pun tak bisa banyak menggunakan bahasa isyarat. "Saya hanya menggunakan bahasa batin saja kalau melatih," kata Ahmad Naji sambil tersenyum.
    Beruntung, panitia memiliki perwakilan dari Dinas Sosial untuk menerjemaahkan. Maka terjadilah wawancara dengan menggunakan penerjemaahan bahasa isyarat. Ditanya tentang perasaannya bisa meraih medali emas, Azwar hanya mengacungkan tangan yang terkepal depan dadanya sambil tersenyum. Menurut penerjemah, atlet berusia kelas 3 SLB C itu merasakan bahagia. "Katanya dia bahagia," penerjemaah menjelaskan kepada wartawan.
    Pelatih Azwar, Ahmad Naji, mengaku tak sengaja bertemu dengan Azwar. Sehari-hari Naji bekerja sebagai guru olah raga. Saat bertemu, Azwar belum sekolah. Ia lalu menawarkan untuk sekolah dan berolahraga kepadanya. Azwar mau dan ia pun sekolah di SLB. "Itu dua tahun lalu," katanya.
    Ia pun mengajak Azwar untuk berolah raga. Setiap hari ia lari di kampungnya. Awalnya ia yang datang ke rumah Azwar. Namun kemudian Azwar malah sebaliknya yang sering datang ke rumah Naji. Sejak itu Azwar dikenalkan olahraga lari.
    Meskipun demikian, melatih Azwar ternyata bukan perkara mudah. Selain sering mengalami komunikasi dan bahasa, Azwar terkadang sulit diatur. Saat latihan, katanya, Azwar sering melakukan kegiatan lain. "Misalnya dia masih tidur saat saya datang ke rumah," katanya seraya menambahkan dia menyadari harus bersabar untuk melatih Azwar.
    Naji mencontohkan, saat akan bertanding Azwar dan dirinya sempat ketinggalan bis yang membawa atlet ke venue atletik di stadion GBLA (Gelora Bandung Lautan Api). Terpaksa, Azwar dan Naji pun pergi dengan menggunakan taxi dari hotel Ibis ke GBLA.
    Namun ternyata, di kelas 5.000 meter, Azwar menjadi yang tercepat dan meraih medali pertama. Ditanya apakah dia akan ikut kejuaraan yang lebih tinggi, Azwar menggoyangkan telapak tangannya. Namun sang pelatih malah memberi bahasa isyarat telapak tangannya menanjak. Keduanya pun tersentum di antara kerumunan wartawan. (Ude Gunadi)

    ude

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Ribuan Siswa SMU di Bandung Saksikan Penutupan
    NPCI SOLO: Pepernas XV/2016 Jawa Barat Luar Biasa
    Hujan, Peserta Penutupan Peparnas Gunakan Mantel
    Menteri Sosial Tutup Peparnas XV / 2016
    Perlu 2 Tahun Siapkan Jabar Juara Umum Peparnas XV
    Berita Terdahulu

    Perolehan Medali Peparnas XV/2016

    Tim Total Medali
    1. Jawa Barat 355
    2. Jawa Tengah 199
    3. Riau 123
    4. Kalimantan Timur 118
    Lihat Selengkapnya

    Editorial

      Klasemen Liga Dunia

      Tim M Point
      1. Brasil 11 24
      2. Uruguay 11 23
      3. Kolombia 11 18
      4. Chile 11 17
      Tampilkan Detail

      Klasemen Liga Indonesia

      Tim M Point
      1 Persipura Jayapura 32 62
      2 Arema Cronus 31 59
      3 Madura United 32 58

      Advertisement On Google