web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    HUT Ke-15 Kota Tasikmalaya Berhias Payung Geulis
    net

    HUT Ke-15 Kota Tasikmalaya Berhias Payung Geulis

    • Sabtu, 15 Oktober 2016 | 19:32:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Tasikmalaya - Karnaval Tasikmalaya Culture Festival di Jalan HZ. Mustafa, Kota Tasikmalaya, Sabtu (15/10/2016) dimeriahkan oleh 1.000 payung geulis. Ribuan payung warna warni khas Kota Santri itu ditampilkan dengan formasi yang berbeda oleh 50 organisasi perangkat daerah Kota Tasikmalaya dan 30 komunitas yang turut serta pada karnaval tersebut.

    Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Olahraga Kota Tasikmalaya Undang Hendiana mengatakan penyelenggaraan karnaval dalam rangka memeriahkan hari jadi ke-15 Kota Tasikmalaya tersebut sengaja ingin menampilkan karnaval payung geulis. Kegiatan ini justru lebih bagus dari tahun kemarin karena ada pergeseran kualitas yang ditampilkan.

    "Tahun ini temanya memang payung geulis, jadi seluruh peserta harus menampilkan ornamen payung geulis untuk mempromosikan kreativitas dan kerajinan khas Tasikmalaya," tuturnya.

    Pada karnaval tersebut beragam payung geulis dikreasikan menjadi berbagai macam bentuk. Ada yang berbentuk merak raksasa, ada pula yang berbentuk kostum yang dikenakan oleh para peserta. Selain menampilkan payung geulis, ada pula penampilan kesenian khas Kota Tasikmalaya dari masing-masing daerah seperti tradisi sisingaan, tari jaipongan, rampak kendang, hinggga musik karinding.

    Kegiatan ini sontak disambut antusias oleh warga. Mereka menilai jika penampilan kerajinan payung geulis khas Kota Tasikmalaya ini bisa menjadi cara agar kerajinan ini kembali menggeliat sebab saat ini eksistensinya mulai tergerus oleh payung konvensional. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Polusi Serbuk Kayu Cemari Tiga Dusun, Warga Protes
    Jangan Takut, Gempa Tasik Tak Berpotensi Tsunami
    Atap Tiga Ruang Kelas SD di Subang Ambruk
    Praktik Pencurian Pupuk Bersubsidi Dibongkar
    OSL 2017, Polres Indramayu Tilang 3.088 Kendaraan
    Berita Terdahulu

    Editorial