web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Waduk Jatigede Kurangi Bencana di Indramayu
    net

    Waduk Jatigede Kurangi Bencana di Indramayu

    • Jumat, 14 Oktober 2016 | 21:22:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Indramayu - Keberadaan Waduk Jatigede diyakini mengurangi potensi bencana banjir di Kabupaten Indramayu. Hal itu ditegaskan Kepala Dinas Pengelola Sumber Daya Air Indramayu Suwenda Asmita, Kamis (13/10/2016).

    Kendati begitu dirinya tidak menyangkal bila daerahnya tetap berpotensi bencana mengingat banyak tanggul dengan kondisi kritis. Beberapa titik tanggul Sungai Cimanuk yang rawan bencana antara lain di wilayah Sukagumiwang, Waledan, Pecug hingga ke Cantigi.

    “Adanya Waduk Jatigede sebenarnya sudah mengurangi potensi bencana namun kami tetap saja harus waspada karena di beberapa daerah potensi itu masih ada,” ucapnya.

    Pihaknya pun berupaya untuk terus melakuka perbaikan saluran air yang rusak. Saluran air itu seperdi di Sungai Cimanuk maupun jaringan irigasi. Pasalnya air dari saluran tersebut kerap melimpas karena permukaan tanggul yang terbuat dari tanah terkikis air, terlebih saat debitnya meningkat.

    Ada beberapa titik tanggul yang harus dibuat permanen terutama di bagian belokan-belokan. Selain itu juga banyak terdapat sedimentasi atau pendangkalan saluran seperti di Sungai Cimanuk wilayah Bangkir.

    Menurutnya sedimentasi tinggi terjadi di saluran yang masuk wilayah Pemkab Indramayu. Untuk mengantisipasinya pihaknya mengaku tengah melakukan berbagai upaya revitalisasi. “Seluruh jaringan sudah dimasukkan dalam program dari pusat melalui BBWS. Jadi semua jaringan akan ditangani selama tiga tahun ke depan,” tandasnya. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Banjir Sempat Rendam Jalan Utama Bandung-Garut
    Terlibat Korupsi dan Tipu Gelap, Kades Dibekuk
    Bus Lewat Cipularang Lagi Jalur Purwakarta Lengang
    TPS Ciniru Overload, Pemkab Cari Lahan Pengganti
    5.000 Pencari Kerja, Magang di 300 Perusahaan
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Mimilih Pemimpin yang Amanah
      Mimilih Pemimpin yang Amanah

      RABU (15/2/2017), bangsa Indonesia menggelar Pilkada Serentak 2017. Kita patut bersyukur Pilkada kali ini berlangsung aman dan lancar tanpa ada gangguan berarti.