web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Insinyur Jepang Ciptakan Turbin Bertenaga Topan

    Insinyur Jepang Ciptakan Turbin Bertenaga Topan

    • Kamis, 13 Oktober 2016 | 15:11:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews – Dunia kini tengah mengembangkan sumber energi baru dan terbarukan. Yang telah banyak digunakan antara lain, tenaga angin, matahari, dan aliran air. Namun di Jepang, angina topan bisa dimanfaatkan menjadi sumber energi.

    Adalah Atsushi Shimizu, seorang insinyur Jepang membuat turbin bertenaga topan pertama di dunia. Turbin berbentuk seperti pengocok telur ini tidak hanya dirancang untuk menahan kekuatan luar biasa dari siklon tropis, tapi juga mengubah energinya menjadi listrik.

    Shimizu mengatakan, satu angin topan dapat menggerakan pembangkit listrik memasok energi bagi Jepang untuk 50 tahun. Turbin bertenaga topan itumemiliki potensi menghasilkan energi sangat besar, sebab Negeri Sakura ini dilanda enam jenis topan tiap tahun.

    “Jepang memiliki lebih banyak tenaga angin ketimbang surya, hanya saja tidak dimanfaatkan dengan baik. Jepang memiliki potensi untuk menjadi negara adidaya angin,” kata Atsushi Shimizu.

    Pendiri perusahaan energi hijau Challenergy ini mengamukakan, turbin angin yang diimpor Jepang dari Eropa tidak cocok untuk iklim spesifik negaranya. Sebab, turbin-turbin impor tersebut cenderung rusak ketika topan melanda.

    Persoalan itu memacu Atsushi Shimizu menciptakan turbin khusus yang tahan akan gempuran angin topan yang berkekuatan besar. Sumbu omnidireksional dan kecepatan bilah disesuaikan, guna memastikan turbin itu tidak akan berputar di luar kendali. Dalam uji simulasi, turbin mencapai tingkat efisiensi hingga 30%.

    “Efisiensi daya yang berkurang mungkin bukan masalah besar, mengingat betapa besarnya energi yang dihasilkan topan. Sekali terjadi, topan dapat menghasilkan tingkat energi kinetik setara dengan setengah kapasitas pembangkit listrik di seluruh dunia,” ujar Atsushi

    Turbin penangkap energi angin topan ini telah terpasang di Okinawa. Energi listrik yang dihasilkan turbin ditampung di sebuah ruang penyimpanan. Jika turbin angin topan ini berhasil, Jepang akan mengalihkan seluruh sumber energinya ke turbin ini.

    Pemerintah Negeri Samurai ini memang tengah mencari sumber energi baru setelah terjadi kebocoran pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima beberapa waktu lalu. Akibatnya, pasokan energi Jepang diimpor dari negara lain. (*)

    https://www.youtube.com/embed/YhKrGF3foaM

    Oleh: akbar aulia / bar

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Kota Terapung Pertama di Dunia Akan Dibangun di Ta
    Miliarder Ini Hibah Rp106 Miliar Untuk Pendidikan
    Colo, Gorila Tertua di Dunia Meninggal
    Vladimir Puttin Dukung Larangan Merokok
    Kamiyah ke Keluarga Usai Diculik 18 Tahun
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Harapan Baru di Tahun Baru
      Harapan Baru di Tahun Baru

      HARI Minggu bertepatan dengan tanggal 1 Januari 2017, hampir seluruh umat manusia di dunia ini merayakan malam pergantian tahun atau dikenal dengan malam Tahun Baru.