web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Meditasi Rutinitas Baru Atlet Boling

    Meditasi Rutinitas Baru Atlet Boling

    JuaraNews, Bandung - Banyak cara positif yang dapat dilakukan untuk meraih prestasi di ranah kompetisi. Terlebih, pada sebuah ajang tertinggi multievent olah raga disabilitas level nasional, Pekan Paralympic Nasional (Peparnas). Tim boling Jawa Barat yang menargetkan meraih 17 medali emas dari 28 nomor yang diperlombakan pada Peparnas XV/2016 Jawa Barat, menatap kompetisi penuh optimistis.

    Teknik dan cara bermain tentu saja menjadi modal utama. Tak kalah penting adalah memberi motivasi juara kepada setiap benak para atlet. “Apa yang kami lakukan dan perjuangkan adalah untuk mengangkat prestasi. Membangun motivasi atlet disabilitas itu tidak mudah, namun kami berusaha sekuat tenaga dan belajar dari pengalaman,” ujar Herlinda Safitri, Pelatih Kepala Tim Pelatda Tenpin Boling Jawa Barat, di Siliwangi Bowling Center, Jalan Aceh Kota Bandung, Selasa (11/10/2016).

    Di luar teknik dan fisik, Herlinda senantiasa membangun mental bertanding anak asuhnya dengan berbagai instruks. Di luar latihan arena boling, sebanyak 19 atlet baik putra maupun putri rutin melakukan berbagai kegiatan di pagi hari. Tujuannya, tak lain untuk menunjang kemampuan atlet agar siap berlomba di ajang bergengsi Peparnas XV/2016 Jawa Barat yang berlangsung 15-24 Oktober.

    Untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi, hampir setiap pagi para atlet melakukan meditasi dan berlatih mengayun dengan media botol yang langsung dipandu sang pelatih. Kawasan Bandung Utara tepatnya di seputar Dago menjadi tempat yang dipilih karena suasananya yang sejuk. Semua dilakukan dengan fun, serius tapi santai.

    Alhamdulillah, motivasi atlet terus mengalami kemajuan dari hari ke hari. Setiap pagi kami meditasi untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi. Kemudian berlatih mengayun dengan botol untuk membiasakan lemparan,” tutur Herlinda yang juga acap melakukan yoga.

    Botol berisi air menjadi salah satu media berlatih di luar arena. Kata Herlinda, mantan peboling yang pernah diasuh pelatih asal Korea, media botol cukup memberi peran dalam menunjang kemajuan fisik dan teknik atlet selama ini.

    Frekuensi ayunan memang tak banyak. Hanya dilakukan masing-masing 75 kali di tangan kiri dan kanan. “Itu hanya untuk membiasakan saja. Tangan kiri memang tidak dipakai saat melempar bola, tetapi tetap harus dilatih agar ototnya seimbang,” katanya.   (*)

     

    ude

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Ribuan Siswa SMU di Bandung Saksikan Penutupan
    NPCI SOLO: Pepernas XV/2016 Jawa Barat Luar Biasa
    Hujan, Peserta Penutupan Peparnas Gunakan Mantel
    Menteri Sosial Tutup Peparnas XV / 2016
    Perlu 2 Tahun Siapkan Jabar Juara Umum Peparnas XV
    Berita Terdahulu

    Perolehan Medali Peparnas XV/2016

    Tim Total Medali
    1. Jawa Barat 355
    2. Jawa Tengah 199
    3. Riau 123
    4. Kalimantan Timur 118
    Lihat Selengkapnya

    Editorial

      Klasemen Liga Dunia

      Tim M Point
      1. Brasil 11 24
      2. Uruguay 11 23
      3. Kolombia 11 18
      4. Chile 11 17
      Tampilkan Detail

      Klasemen Liga Indonesia

      Tim M Point
      1 Arema Cronus 32 62
      2 Persipura Jayapura 32 62
      3 Madura United 32 58

      Advertisement On Google