web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Hranicka Propast, Gua Bawah Laut Terdalam di Dunia

    Hranicka Propast, Gua Bawah Laut Terdalam di Dunia

    • Senin, 10 Oktober 2016 | 11:02:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews – Tim peneliti di Republik Ceko-Polandia, mengungkap misteri gua bawah laut Hranicka Propast. Penyelaman yang melibatkan robot itu membuktikan bahwa gua Hranicka Propast terdalam di dunia, 404 meter.

    Kedalaman gua Hranicka Propast mengalahkan gua Pozzo del Merro di Italia yang berkedalaman 392 meter. Namun sebelum penelitian yang dipimpin penyelam profesional asal Polandia, Krzysztof Starnawski dan Jan "Honza" Musil ini dilakukan, para peneliti semula menduga gua Hranicka hanya berkedalaman 200 meter.

    Tim Krzysztof melakukan penyelaman pada 27 September 2016 lalu. Mereka penasaran dengan gua kapur Hranicka Propast. Krzysztof sebenarnya telah dua kali menyelami gua ini. Penyelaman pertama dia lakukan pada 1999 lalu. Sedangkan penyelaman kedua pada 2014 lalu.

    Saat berada di dalam gua, para peneliti makin penasaran karena gua itu berkembang secara aneh dan mengindikasikan bahwa memiliki kedalaman lebih dari yang diduga sebelumnya. Di dalam gua terdapat air panas jenuh dengan karbondioksida menggelegak seperti gunung berapi mengikis bebatuan dari bawah hingga atas. Bahayanya, air panas itu bisa menyebabkan kulit gatal-gatal.

    Awalnya, ia mengira itu adalah dasar gua, ternyata ia menemukan celah sempit yang membentuk terowongan vertikal nan gelap gulita dan dikelilingi oleh kapur kasar. “Saya menyelam hingga kedalaman sekitar 200 meter untuk memberikan titik mulai bagi robot ROV untuk mencapai bagian terdalam. Setelah melepas ROV, saya kembali ke permukaan,” kata Kryzsztof.

    Dia pemukaan, ujar dia, tim memantau ROV hingga robot itu mencapai titik maksimal,  404 meter. “ROV telah lulus uji coba dan mendapat sertifikasi dari komisi Republik Ceko dan Polandia, sehingga tim pengukuran ROV 100% akurat,” kata Kryzsztof. (*)

    Oleh: akbar aulia / bar

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Ini Dia Hotel Es Pertama di Dunia
    Pesta Ultah, 1 Juta Undangan
    Fosil Manusia Purba di Antikythera
    Superman India Angkat Motor dengan Kepala
    Ribuan Prasasti Ungkap Kehidupan Yordania Kuno
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Advertisement On Google