web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Makhluk Ini Bisa Berkamuflase Mirip Ular

    Makhluk Ini Bisa Berkamuflase Mirip Ular

    JuaraNews – Setiap makhluk hidup memiliki mekanisme pertahanan (selfdefence mechanism). Ada yang mengandalkan taringnya, kecepatan bergerak, bau atau aroma tak sedap, tubuh yang diselimuti duri, dan ada pula yang memiliki kemampuan menyamar atau berkamuflase.

    Seperti ulat Elephant Hawk-moth. Serangga ini bisa berubah bentuk mirip ular berbisa. Saat merasa terancam, ulat berukuran kurang dari 10 milimeter itu akan memanjangkan tubuh dengan kepala dibentuk serupa dengan seekor ular.

    Kamuflase Elephant Hawk-moth kadang berhasil mengelabui predator. Corak kulit Hawk-moth memang mendukung. Saat berubah mirip ular, corak itu benar-benar mencirikan seekor ular lengkap dengan motif sisik dan mata. Namun aksi kamuflase Hawk-moth seringkali gagal. Pasalnya, ukurannya yang kecil tak membuat predator takut meski Hawk-moth telah berubah bentuk mirip ular.

    Elephant Hawk-moth hidup di dahan-dahan pohon. Mereka mengonsumsi daun selama menjadi ulat. Serangga ini memiliki nama latin Deilephila Elpenor. Seperti serangga lain, Hawk-moth akan mengalami proses perubah dari ulat menjadi serangga bersayap.

    Setelah bertapa selama beberapa lama dalam kepompong, Hawk-moth berubah menjadi serangga bersayap dengan panjang bentangan 70 milimeter. Hewan ini banyak terlihat selama Mei sampai Juli. Mereka  mengonsumsi serbuk sari bunga tumbuh-tumbuhan. (*)

    Oleh: akbar aulia / bar

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Ini Dia Hotel Es Pertama di Dunia
    Pesta Ultah, 1 Juta Undangan
    Fosil Manusia Purba di Antikythera
    Superman India Angkat Motor dengan Kepala
    Ribuan Prasasti Ungkap Kehidupan Yordania Kuno
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Advertisement On Google