web stats service from statcounter

Hot News

  • Dokter Persib Masih Observasi Cedera Sergio
    Dokter Persib Masih Observasi Cedera Sergio
    • 26 Februari 2017 | 16:05:00 WIB

    DOKTER masih mengobservasi cedera Sergio van Dijk yang didapat saat laga 8 Besar Piala Presiden 2017 menghadapi Mitra Kukar, Sabtu (25/2/2017) malam.

Inspirasi

    Saat Terbang, Burung Laut Cikalang Bisa Tidur

    Saat Terbang, Burung Laut Cikalang Bisa Tidur

    JuaraNews – Burung laut, Cikalang atau Albatross, memiliki kemampuan unik. Hewan ini mampu terbang sambil tidur dan sebaliknya bisa tidur di saat terbang. Cikalang memang lebih banyak menghabiskan waktu di udara dibanding hinggap di pohon dan berdiam diri di daratan.

    Selain bisa tidur saat mengangkasa dan dalam kondisi setengah sadar, burung itu pun memiliki kemampuan menghindari tabrakan dengan burung lain. Kemampuan unik burung Cikalang tersebut terungkap lewat serangkaian penelitian yang dilakukan pakar dari Max Planck Institute for Ornithology, Jerman.

    Cikalang hidup di sepanjang wilayah samudra tropis dan subtropis. Mereka kerap berhari-hari berada di udara, mencari makan ikan-ikan kecil. Ini yang jadi pertanyaan peneliti, bagaimana mereka bisa bertahan di angkasa tanpa istirahat?

    Untuk menjawab pertanyaan tersebut, peneliti memasang perangkat pemantauan EEG untuk mengukur gelombang otak Cikalang. Kemudian peneliti melepaskan burung tersebut dan merekam data selama 10 hari. Sementara burung Cikalang terbang tanpa henti lebih dari 3.000 km.

    Hasilnya, saat matahari terbenam, Cikalang tertidur. Setengah otak burung beralih ke alam tidur gelombang lambat. Di saat bersamaan, sayap mereka tetap membentang dan tubuh mengangkasa di atas air. Uniknya lagi, salah satu matanya terbuka.

    Peneliti berkesimpulan, saat tidur, Cikalang memanfaatkan arus udara agar tetap bisa terbang. Sedangkan satu mata yang terbuka dilakukan agar tak bertabrakan dengan burung lain selama mereka tertidur. “Cikalang membuka sebelah matanya untuk menghindari tabrakan dengan burung lain,” kata Niels Rattenborg, peneliti utama Max Plack Institute for Ornithology.

    Dari serangkaian analisis yang dilakukan, ujar Niels, burung Cikalang mampu terjaga selama 23 jam lebih. Setiap hari, mereka hanya tertidur kurang dari satu jam atau rata-rata hanya 42 menit. Kemampuan tetap beraktivitas meski sedang tidur itu juga dimiliki lumba-lumba. (*)

    Oleh: akbar aulia / bar

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Dua Tahun Lagi, Hibrid Mamot Akan Bangkit
    Sutra Tertua di Dunia dalam Makam 8.500 Tahun
    100 Tahun Lagi Pegunungan Alpen Akan Tandus
    Dubai Gunakan Drone untuk Angkut Penumpang
    Misteri Pedang 3,8 Meter Norimitsu Odachi
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Mimilih Pemimpin yang Amanah
      Mimilih Pemimpin yang Amanah

      RABU (15/2/2017), bangsa Indonesia menggelar Pilkada Serentak 2017. Kita patut bersyukur Pilkada kali ini berlangsung aman dan lancar tanpa ada gangguan berarti.