web stats service from statcounter

Hot News

  • Vlado Ajak Rekan-rekannya Bangkit
    Vlado Ajak Rekan-rekannya Bangkit
    • 24 April 2017 | 06:13:00 WIB

    VLADIMIR Vujovic mengaku hasil imbang pada laga tandang perdana Liga 1 2017 menghadapi PS TNI, Sabtu (22/4/2017) lalu, sangat mengecewakan.

Inspirasi

    Aher Tawarkan Konsep Penanaman Pohon Ke KLH

    Aher Tawarkan Konsep Penanaman Pohon Ke KLH

    JuaraNews, Bandung – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan memberikan pemaparan di hadapan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI untuk Lomba Penanaman Pohon Tingkat Nasional Tahun 2016 di R. Sanggabuana Gedung Sate, Jl. Diponegoro No. 22, Kota Bandung, Kamis (6/10/2016).

    Pada kesempatan ini Aher menjelaskan mengenai berbagai hal yang telah dilakukan Pemprov Jawa Barat terkait pengelolaan pohon dan lingkungan kehutanan di Jawa Barat sampai 2015. Aher menyodorkan empat inovasi Jawa Barat dalam presentasinya yang diberi judul Penanaman dan Pemeliharaan Pohon Provinsi Jawa Barat Tahun 2015.

    "Kenapa penanaman dan pemeliharaan? Supaya kata pemeliharaan itu menjadi kata yang tidak terpisahkan dari penanaman. Sebab kalau menanam saja kemudian dibiarkan, itulah persoalan yang sering kali kita hadapi. Tapi kalau ada keduanya, Insya Allah pemeliharaan tersebut menjamin bahwa penanamannya berhasil sampai tumbuh dan besar," ungkap Aher pada presentasinya di hadapan Tim Penilai Lomba Penanaman Pohon Kementerian LHK yang dipimpin oleh Direktur Kesatuan Pemangkuan Hutan Lindung Kementerian LHK RI Herudoyo Ciptono.

    Inovasi yang ditawarkan di antaranya Penanaman Pola Swadaya Insentif dengan prinsip TTAB (Tanam - Tumbuh - Aman - Bayar). Pola Penanaman ini dilakukan pada kawasan Mangrove dengan biaya insentif Rp 3.500/batang dengan pola TTAB yang dipelihara sampai tahun ke-2, pemeliharaan diberikan secara insentif sebesar 20% pada tahun pertama, dan 10% tahun kedua.

    Dalam program ini, insentif diberikan melalui kontrak langsung dengan masyarakat, lalu bibit disediakan oleh masyarakat, dan proses penanaman serta pemeliharaannya juga dilakukan sendiri oleh masyarakat. Inovasi ini sudah diterapkan oleh Jawa Barat sejak tahun 2009-2015 dan sudah mencapai luas 1.819 hektar, seperti yang ada di Kecamatan Pusaka Nagara, Kabupaten Subang, serta Kecamatan Pasekan dan Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu. (*)

     

    ude

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Rektor UPI Meninggal Dunia
    Dishub Kerja Sama dengan BUMN untuk Mudik Lebaran
    Atasi Kebocoran Pipa, PDAM Siapkan Alat Berat
    Warga Bandung Diminta Diam saat Hujan
    15 Venue di Jabar akan Digunakan Asian Games 2018
    Berita Terdahulu

    Editorial