web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Lahan Kering Disulap Jadi 80 Hektare Sawah Baru
    net

    Lahan Kering Disulap Jadi 80 Hektare Sawah Baru

    JuaraNews, Pangandaran - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangandaran berencana akan mencetak 80 hektare lahan pesawahan baru yang tersebar di berbagai kecamatan. Lahan pesawahan baru tersebut merupakan alih fungsi lahan kering milik warga yang selama ini tidak tergarap.

    "Jika tidak ada kendala tahun ini kami bisa menambah sekitar 80 hektare lahan sawah baru yang tersebar di beberapa wilayah,” ucap Kepala Dinas Kelautan, Pertanian dan Kehutanan (KPK) Kabupaten Pangandaran, Adi Nugraha, Rabu (5/10/2016).

    Adi menjelaskan program Ini merupakan salah satu program nawacita Presiden Joko Widodo dimana salah satunya adalah percetakan lahan baru untuk pesawahan. Lahan baru yang dicetak menjadi sawah baru itu dekat dengan sumber air sehingga tidak akan menyulitkan untuk suplai airnya. Nantinya setelah dijadikan lahan sawah baru maka sawah-sawah tersebut akan dikembalikan kembali kepada warga untuk digarap.

    "Awalnya kami menyiapkan 100 hektare lahan sawah baru tapi yang memenuhi syarat hanya 80 hektare saja,” kata dia.

    Untuk mendukung kegiatan itu, pihaknya telah menjalin kerjasama dengan Kodam III Siliwangi. Sedangkan anggaran yang disiapkan untukmenceta sawah baru tersebut mencapai Rp 1,28 miliar atau sekitar Rp 16 juta per hektare sawahnya. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Berita Lainnya
    Wacana Pembentukan Sumedang Barat Menguat
    Mayat Misterius Ditemukan di Perkebunan Teh
    Rem Blong, Truk Seruduk Motor Ibu dan Anak Tewas
    Tersangkut Jaring Saat Melaut Nelayan Tewas
    Pedagang Tolak Tempati Pasar Modern Limbangan
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Selamat Hari Raya Idul Fitri
      Selamat Hari Raya Idul Fitri

      DENGAN rasa suka cita dan senang, kita menyambut Hari Kemenangan, bercampur sedih, karena kita ditinggalkan bulan Ramadan yang penuh berkah.