web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Prangko Molybdenum Disulfide Sterilkan Air

    Prangko Molybdenum Disulfide Sterilkan Air

    Prangko Molybdenum Disulfide Sterilkan Air

    JuaraNews – Dulu, untuk membuat air menjadi jernih kita mengenal teknik menyaring menggunakan tumpukan pasir, kerikil, genteng, dan ijuk. Meski jernih, air itu belum bisa dikonsumsi alias diminum.

    Bakteri ecoli jadi salah organisme utama yang membuat air mentah tak dapat dikonsumsi langsung oleh manusia. Jika itu dilakukan, kesehatan manusia bisa terganggung. Karena itu, manusia harus memasak air itu agar kuman dan bakteri mati sehingga air bisa dikonsumsi.

    Manusia terus mengembangkan teknologi agar air bisa steril dan layak dikonsumsi tanpa harus memasaknya. Sebelumnya, kita diperkenalkan dengan teknologi sterilisasi air dengan cahaya matahari. Sinar Ultra Violet (UV) matahari mampu membunuh bakteri dan kuman dalam waktu 48 jam.

    Namun kini, proses itu bisa dipersingkat. Belum lama ini para peneliti dari Stanford University berhasil mengembangkan sebuah alat kecil seukuran prangko yang mampu membunuh 99,99% bakteri di air dalam waktu 20 menit. Pranko yang mengandung electron Molybdenum Ddisulfide itu mempercepat kerja sterilisasi sinar UV.

    “Alat ini seperti kaca hitam persegi panjang. Dengan alat ini, kita hanya memasukkannya ke air dan meletakannya di bawah matahari. Matahari mampu menyelesaikan semuanya. Sinar matahari mampu elektron Molybdenum Ddisulfide yang mempercepat sterilisasi air,” kta Kepala Penelitian Chong Liu dari Stanford University.

    Selain electron Molybdenum Ddisulfide, ujar Chong, alat itu juga menghasilkan Hidrogen Peroksida dan disinfektan lain saat air dijemur di bawah sinar matahari. “Perhatian kami adalah menemukan cara mengatasi masalah polusi sehingga orang-orang bisa hidup lebih baik lagi," ungkap Liu. (*)

     

    Oleh: akbar aulia / bar

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Ini Dia Hotel Es Pertama di Dunia
    Pesta Ultah, 1 Juta Undangan
    Fosil Manusia Purba di Antikythera
    Superman India Angkat Motor dengan Kepala
    Ribuan Prasasti Ungkap Kehidupan Yordania Kuno
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Advertisement On Google