web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Tamanjaya Divalidadi untuk Tempat Penentuan Hilal
    istimewa Proses pemantauan hilal 1 Muharam di Tamanjaya

    Tamanjaya Divalidadi untuk Tempat Penentuan Hilal

    JuaraNews, Bandung - Kementerian Agama akan memvalidasi Desa Tamanjaya Kecamatan Ciemas Kabupaten Bandung sebagai lokasi alternatif pemantauan Hilal untuk menentukan awal bulan dalam penanggalan Hijriah.

    Hal tersebut merupakan hasil dari Saresehan Arah Kiblat dan Penentuan Rukhiyal Hilal Muharam 1438 H di Aula Gedung Papsi di Desa Tamanjaya Geopark Nasional Ciletuh, Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1438 Hijriah, beberapa waktu lalu.

    Saresehan sendiri digelar oleh Kanwil Kememag Jabar, Kantor Kemenag Kabupaten dan Kota Sukabumi bekerja sama dengan Paguyuban Alam Pakudulan Sukabumi (PAPSI), Mathla Astro Club, dan DKM An-Nur Bio Farma.

    Selama ini di Indonesia, tempat penentuan hilal atau yang dikenal dengan nama Pos Observasi Bulan (POB) baru diambil dari 5 titik yang berada di Provinsi NAD, Lampung, Jawa Barat (2 titik) dan Yogyakarta. Untuk tahap awal, proses validasi Tamanjaya sebagai tempat alternatif hilal akan dilaksanakan selama 12 bulan berturut-turut oleh Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi.

    Ketua Paguyuban Alam Pakidulan Sukabumi (PAPSI) Endang Sutisna mengatakan, dengan tervalidasinya taman jaya sebagai POB, diharapkan akan menjadikan Desa Tamanjaya sebagai tempat alternatif untuk menentukan hilal khususnya untuk menentukan awal bulan Ramadan, Syawal, dan Dzulhizah.

    "Kami menyambut baik rencana Kementerian Agama Jabar untuk memvalidasi tempat yang kami ajukan dan menjadikan Tamanjaya sebagai tempat alternatif untuk penentuan hilal. Dengan tervalidasinya tempat ini, akan menjadikan potensi alam daerah taman jaya dapat diketahui oleh masyarakat Indonesia dan dunia," ujar Endang dalam siaran pers yang diterima JuaraNews.

    Endang berharap ke depannya POB Ciemas ini akan menjadi wisata religi dan dimanfaatkan oleh anak-anak sekolah yang ingin mengetahui cara melihat hilal, selain tentunya menikmati keindahan alam geoparknya
    Kegiatan yang didukung penuh oleh Mathla Astro Club dan Bio Farma ini, bermula pada 2010 saat Mathla bersama Bio Farma, mencoba untuk mencari hilal di berbagai tempat selama setahun penuh namun tidak pernah terlihat. Karena lokasi yang selalu terhalang awan. Barulah pada 2016 ini, Mathla Astro Club menemukan Desa Tamanjaya sebagai tempat yang pas untuk menentukan hilal.

    Ke depannya, hasil pembuatan kalender Hijriah dari hasil pengamatan POB Ciemas, dapat dimanfaatkan sektor pertanian untuk menentukan awal musim tanam. Juga nelayan untuk menentukan kapan untuk mencari ikan di laut, sehingga nelayan tidak perlu pergi ke laut sepanjang tahun untuk mencari ikan. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Air Waduk Jatigede Rembes, Rumah Warga Rusak
    Empat Pengedar Sabu Diringkus Saat Transaksi
    Buruh Subang Demo Tuntut Upah Sektoral
    Ibu Rumah Tangga Nekat Duel dengan Jambret
    Kaca Mobil Dipecahkan Uang Rp 15 Juta Raib
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Advertisement On Google