web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Kaki Seribu Telah Ada Sejak 300 Juta Tahun Lalu

    Kaki Seribu Telah Ada Sejak 300 Juta Tahun Lalu

    JuaraNews – Selain dinosaurus, hewan yang telah ada sejak ratusan juta tahun lalu adalah kaki seribu. Salah satu bukti bahwa hewan melata yang memilik kaki sangat banyak itu ditemukan di Joggins Fossil Cliffs, Teluk Fundy, Kanada.

    Paleontog menemukan tiga fosil kaki seribu atau Archipolipoda yang telah membatu di kawasan fosil tersebut pada 2015. Para pakar kemudian menganalisis temuan mereka di laboratorium. Hasilnya, fosil tersebut dipastikan tiga ekor hewan kaki seribu berukuran panjang 30 sintemeter (cm).

    Ahli paleontologi dari Cleveland Museum of Natural History, Joe Hannibal mengatakan, kaki seribu purba ini hewan vegetarian seperti spesies kaki seribu yang ada saat ini. Mereka hidup di pepohonan. Usia fosil kaki seribu itu diperkirakan 300 juta tahun. “Mereka berasal dari periode yang disebut Zaman Batubar, karena banyak batubara dunia berasal dari deposit material organik dari era tersebut,” kata Joe.

    Sebelumnya, palontolog juga menemukan fosil kaki seribu di Illinois, Amerika Serikat; Republik Ceko; Inggris, dan beberapa tempat lain. “Meski kaki-kaki hewan ini terawetkan dengan baik, tapi tubuh bagian atasnya hilang. Jadi kami tidak tahu bagian atasnya seperti apa. Apakah berduri atau tidak. Sejauh ini kami belum memiliki bukti,” ujar dia. (*)

    Oleh: akbar aulia / bar

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Dua Tahun Lagi, Hibrid Mamot Akan Bangkit
    Sutra Tertua di Dunia dalam Makam 8.500 Tahun
    100 Tahun Lagi Pegunungan Alpen Akan Tandus
    Dubai Gunakan Drone untuk Angkut Penumpang
    Misteri Pedang 3,8 Meter Norimitsu Odachi
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Mimilih Pemimpin yang Amanah
      Mimilih Pemimpin yang Amanah

      RABU (15/2/2017), bangsa Indonesia menggelar Pilkada Serentak 2017. Kita patut bersyukur Pilkada kali ini berlangsung aman dan lancar tanpa ada gangguan berarti.