Hot News


Inspirasi


    JN-TAM
    Provinsi Papua Siap Gelar PON XX/2020
    net Gubernur Papua Lukas Enembe kibarkan bendera PON

    Provinsi Papua Siap Gelar PON XX/2020

    • Jumat, 30 September 2016 | 00:34:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung - Gubernur Papua Lukas Enembe menegaskan, provinsinya siap menggelar PON XX/2020 mendatang. Lukas mengakui, untuk menyukseskan pesta olahraga multievent empat tahunan tersebut, bukan hal yang mudah dan murah karena dibutuhkan biaya hingga Rp10 triliun-15 triliun.

    "Menjadi tuan rumah menjadi tantangan kami karena momen luar biasa. KONI telah mempercayakan kami untuk menjaga persatuan nasional kita melalui olahraga," kata Lukas dalam acara penutupan PON XIX/2016 Jabar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Gedebage Kota Bandung, Kamis (29/9/2016) malam.

    Untuk itu, pihaknya sudah melakukan persiapan sejak ditunjuk menjadi tuan rumah PON melalui Keputusan Menpora nomor 110 tahun 2014. Papua sendiri terpilih jadi tuan rumah PON XX/2020 menyisihkan Jawa Tengah, Aceh, Bali, Sumatera Utara, dan Sulawesi Selatan. Lukas pun optimistis pihaknya mampu menggelar PON nanti, dan dengan waktu 4 tahun yang tersedia, dia yakin dana akan terkumpul dari APBD, swasta, dan swadaya masyarakat.

    Sejak ditunjuk, lanjut Lukas, pihaknya sudah memulai segala persiapan, khususnya masalah transportasi, akomodasi seperti hotel, dan keamanan. Penyelenggaraan PON 2020, rencananya akan dilaksanakan di 5 wilayah, yakni Jayapura, Timika, Wamena, Biak, dan Marauke.

    "Perhubungan udara sudah siap, pesawat berbadan besar sudah bisa sampai Papua. Untuk internet, pasti sudah ada dan akomodasi pun cukup karena ada beberapa hotel yang baru bertumbuh di Papua," jelasnya.

    Papua juga sudah mulai mempersiapkan potensi atlet-atletnya, untuk dimatangkan kembali latihannya di sisa waktu selama 4 tahun ini. Keterbatasan fasilitas pendukung, serta wacana pemerintah pusat terkait prioritas cabang-cabang cabor Olimpiade, membuat Papua kemungkinan hanya menggelar sekitar 30 cabang olahraga pada PON 2020.

    "Kami tidak mungkin bisa seperti Jabar. Kami mungkin hanya menggelar 30 cabang olahraga. KONI Pusat sudah memetakan cabor apa yang akan dipertandingkan. Sesuai petunjuk KONI, cabor akan menyesuaikan dengan cabang Olimpiade, Asian Games, dan SEA Games," paparnya.

    Lukas yakin dalam pelaksanaan nanti Papua bisa berada di posisi 10 besar klasemen. "Kami sudah punya program. Atletik, cabang andalan karena secara fisik orang Papua bisa," pungkas Lukas. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Libas Persipura 5-1, PSM Kokoh di Puncak Klasemen
    Ribuan Siswa SMU di Bandung Saksikan Penutupan
    NPCI SOLO: Pepernas XV/2016 Jawa Barat Luar Biasa
    Hujan, Peserta Penutupan Peparnas Gunakan Mantel
    Menteri Sosial Tutup Peparnas XV / 2016
    Berita Terdahulu

    Perolehan Medali Asian Games 2018

    Tim Total Medali
    1. China 289
    2. Jepang 205
    3. Korea Selatan 177
    4. INDONESIA 98
    Lihat Selengkapnya

    Editorial


      Klasemen Liga Dunia

      Tim M Point
      1. Arsenal 2 6
      2. Tottenham Hotspur 2 6
      3. Liverpool 2 6
      4. Everton 2 6
      Tampilkan Detail

      Klasemen Liga Indonesia

      Tim M Point
      1 Persib Bandung 3 9
      2 Bali United 3 7
      3 PSIS Semarang 3 6

      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)