Resmi Ditutup, Estafet PON Diserahkan ke Papua
net Aher menyerahkan bendera PON ke Lukas Enembe

Resmi Ditutup, Estafet PON Diserahkan ke Papua

  • Kamis, 29 September 2016 | 23:15:00 WIB
  • 0 Komentar

JuaraNews, Bandung - Wakil Presiden Jusuf Kalla resmi menutup PON XIX/2016 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Gedebage Kota Bandung, Kamis (29/9/2016) malam.

Pada PON kali ini, Jabar tampil sebagai juara umum dengan raihan 217 medali emas, 157 perak, dan 157 perunggu, atau total 531 medali. Diikuti Jatim dan DKI Jakarta di posisi 2 dan 3 dengan sama-sama mengoleksi 132 emas, namun berbeda dalam perolehan perak dan perunggu. Jatim mengoleksi 138 perak dan 135 perunggu atau total sebanyak 405 medali, sedangkan DKI dengan 125 perak dan 119 perunggu atau total 376 medali.

Ketua PB PON XIX/2016 Ahmad Heryawan mengakui ada riak-riak kecil dan protes dalam pelaksanaan pertandingan di sejumlah cabang olahraga. "Semua itu biasa terjadi dalam suasana kompetisi. Namun, semangat persanginan yang sehat dan kekeluargaan yang harmonis tetap terjaga. Itulah yang menjadi hal terpenting dari terselenggaranya PON ini," kata Aher dalam sambutannya.
Selain menjadi ajang untuk meraih prestasi dan memecahan rekor-rekor baru, PON juga menjai wahana untuk mempererat persaudaraan dan memperkuat jiwa nasionalisme. Hal itu sangat terlihat di arena pertandingan.

"Meski terjadi persaingan ketat antar atlet daerah, bahkan terkadang diwarnai ketegangan-ketengangan, semuanya sirna dengan pelukan dan saling mengucapkan selamat. Itu adalah gambaran bahwa seluruh atlet dan kontingen memegang teguh jiwa sportivitas dan respek, saling menghormati," papar Aher.

Gubernur Jabar ini pun mengklaim, penyelenggaraan PON, tercapai dengan baik sesuai dengan kriteria catur sukses, yakni sukses prestasi, penyelenggaraan, administrasi, dan ekonomi kerakyatan.

Selanjutnya, estafet penyelenggaraan PON dilanjutkan ke Papua pada tahun 2020. "Selanjutnya, PON akan diselenggarakan di Papua. Kita siap berbagai pengalaman penyelenggaraan," kata Aher.

Dengan berakhirnya pertandingan 44 cabang olah raga, dua dari program Catur Sukses PON XIX, yakni sukses penyelenggaraan dan prestasi, akhirnya bisa raih. Dua sukses lainnya yakni sukses pemberdayaan ekonomi, dan sukses administrasi, mudah-mudahan juga bisa kita capai secara bersamaan.

Untuk indikator kesuksesan dalam segi prestasi telah tergambar dari terpecahnya 89 rekor PON, 33 Rekor Nasiobal, 1 Rekor SEA Games, 26 Rekor Asia dan 5 Rekor Dunia. Selain itu juga telah lahir legenda baru seperti atlet renang yang sukses meraih 8 medali emas di PON kali ini. Terdapat pula atlet-atlet muda yang mampu menjungjung prestasi melewati atlet senior yang sebelumnya selalu mendominasi.

Sebagai Ketua Umum PB PON XIX 2016 Jabar, Aher mangakui keberhasilan ini tidak terlepas dari dukungan banyak pihak. Kolaborasi semangat, tekad, dan kesamaan tujuan dari semua pihak adalah kuncinya.

Aher juga menuturkan sangat tidak mungkin event olah raga nasional terbesar ini bisa terselenggara dengan baik tanpa adanya pengorbanan, pemikiran, energi, waktu, pendanaan, dan berbagai upaya lainnya. Semunya dicurahkan untuk mewujudkan suksesnya PON XIX 2016.

"Sudah selayaknya kita bersyukur dan berbangga. Perjuangan panjang semua pihak telah berhasil menciptakan ruang bagi para atlet untuk berkompetisi dan mengukir prestasi, tidak hanya bagi dirinya tapi juga untuk daerah dan Indonesia," ungkapnya.

Seusai sambutan Ketua PB PON XIX, Wapres kemudian menutup secara resmi PON dengan pemijitan sirine yang diiringi pesta kembang api. "Semoga prestasi yang dicapai lebih baik. Mudah-mudahan PON berakhir baik dan PON akan datang di Papua lebih baik," kata JK. (*)

den

0 Komentar
Tinggalkan Komentar
Cancel reply
0 Komentar
Tidak ada komentar
Berita Lainnya
Libas Persipura 5-1, PSM Kokoh di Puncak Klasemen
Ribuan Siswa SMU di Bandung Saksikan Penutupan
NPCI SOLO: Pepernas XV/2016 Jawa Barat Luar Biasa
Hujan, Peserta Penutupan Peparnas Gunakan Mantel
Menteri Sosial Tutup Peparnas XV / 2016
Berita Terdahulu

Perolehan Medali Asian Games 2018

Tim Total Medali
1. China 289
2. Jepang 205
3. Korea Selatan 177
4. INDONESIA 98
Lihat Selengkapnya

Editorial


    Klasemen Liga Dunia

    Tim M Point
    1. Liverpool 38 99
    2. Manchester City 38 81
    3. Manchester United 38 66
    4. Chelsea 38 66
    Tampilkan Detail

    Klasemen Liga Indonesia

    Tim M Point
    1 Persib Bandung 3 9
    2 Bali United 3 7
    3 PSIS Semarang 3 6

    Data Statik Covid-19


    DATA COVID-19 INDONESIA

    😷 Positif:

    😊 Sembuh:

    😭 Meninggal:

    (Data: kawalcorona.com)