web stats service from statcounter

Hot News


  • Mahasiswa Bandung Demo Menolak Revisi UU KPK
    Mahasiswa Bandung Demo Menolak Revisi UU KPK
    • 17 September 2019 | 17:33:00 WIB

    PULUHAN mahasiswa yang tergabung dalam Poros Revolusi Mahasiswa Bandung melakukan unjukrasa menolak Revisi UU KPK di depan Gedung DPRD Jawa Barat.

Inspirasi


    Atasi Ketombe dengan Bahan-bahan Alami

    Atasi Ketombe dengan Bahan-bahan Alami

    JuaraNews - Ketombe merupakan masalah yang sangat menjengkelkan, khususnya bagi kaum hawa. Selain membuat gatal, serbuk putih yang tampak di rambut iyu membuat rasa percaya diri hilang, seolah-olah Anda adalah orang yang begitu malas membersihkan rambut.

    Ketombe adalah mengelupasnya atau penumpahan sel-sel kulit mati dari kulit kepala. Pengelupasan sel-sel kulit mati dalam jumlah kecil adalah normal, yaitu sekitar 487.000 cells/cm2 dan tidak mengganggu. Lapisan epidermis terus menggantikan dirinya sendiri, sel didorong keluar dan akhirnya mati kemudian mengelupas. Frekuensi normalnya adalah sekitar satu bulan terjadi pengelupasan

    Pada umum ketombe dialami semua orang karena sel kulit kepala akan terus beregenarasi, khusunya pada masa pubertas. Ketombe yang berlebih sering menyebabkan gatal. Keratinosit memainkan peran kunci dalam ekspresi dan generasi reaksi imunologi selama pembentukan ketombe. Tingkat keparahan ketombe dapat berfluktuasi dengan musim terutama pada musim dingin. Faktor Penyebab ketombe adalah jamur, kulit berminyak, keringat berlebih, kulit kepala yang tidak cocok dengan produk perawatan rambut yang dipakai.

    Ketombe sendiri tidak dapat dihilangkan karena regenerasi sel pasti akan terjadi. Yang bisa dilakukan adalah membuat keluarnya ketombe menjadi normal. Ada cara aman dan sehat untuk menghilangkan ketombe, yakni dengan menggunakan bahan-bahan alami, di antaranya:

    Jeruk Nipis

    Campurkan 100 ml air jeruk nipis dengan 100 ml air perasan buah nanas dan 100 ml santan kemudian aduk rata. Hasil campuran dibasuhkan ke rambut sampai membasahi kulit kepala. Bilas rambut menggunakan sampo. Secara rutin lakukan 2 kali dalam satu minggu.

    Daun Pandan

    Cuci daun pandan hingga bersih sebanyak 5-7 daun. Haluskan daun pandan dengan cara ditumbuk ataupun digerus kemudian dicampur setengah gelas air kemudian diperas. Basuh air perasan ke rambut. Tunggu kurang lebih selama setengah jam kemudian bilas sampai bersih.

    Jus Apel

    Buatlah jus apel dengan jumlah apel kurang lebih 3 buah. Campur ekstrak apel dengan air hangat secukupnya dan aduk sampai rata. Gunakan untuk keramas dan tunggu sekitar 15 menit sebelum rambut dibersihkan.

    Lidah Buaya

    Tumbuk bagian daging lidah buaya sampai halus. Oleskan pada kulit kepala dan tunggu sekitar 15 menit sebelum dibersihkan.

    Kangkung

    Seikat kangkung direbus dalam 2 gelas air. Tunggu sampai mendidih dan tersisa setengahnya. Setelah dingin, kangkung diremas-remas agar sarinya keluar. Oleskan pada kulit kepala dan tunggu sekitar 30 menit. Air rebusan gunakan membasuh rambut, lalu bersihkan dengan air hangat atau keramas dengan sampo.

    Minyak Almond

    Minyak almond dioleskan ke kulit kepala sampai rata sambil dipijat-pijat. Celupkan rambut ke dalam air hangat kemudian tutup selama setengah jam. Bilas sampai bersih

    Minyak Zaitun

    Minyak zaitun dipanaskan kemudian dioleskan ke kulit kepala secara merata sambil dipijit-pijit. Bungkus rambut dengan handuk selama setengah jam kemdian bilas sampai bersih.

    Cuka

    Cuka dicampur dengan air dengan perbandingan yang sama. Oleskan pada kulit kepala dan biarkan semalaman sebelum dibersihkan pada esok harinya.

    Minyak Kelapa

    Pijir kulit kepala dengan menggunakan minyak kelapa sebelum anda tidur. Tutup rambut menggunakan handuk selama 30 menit. Bilas sampai bersih.

    Selain itu, ada pula beberapa hal mendasar yang harus diperhatikan dalam menghindari munculnya ketombe ini, yakni:

    Keramaslah tiap Hari

    Umumnya orang tidak mau keramas tiap hari karena takut rambutnya rusak. Namun jika rambut ketombean, lain lagi ceritanya. Jarang keramas akan membuat ketombe semakin merajalela. Anda perlu membersihkan semua jamur dan minyak penyebab ketombe setiap hari, serta gunakan sampo dan kondisioner antiketombe jika dibutuhkan.

    Hindari Makanan Berminyak.

    Walaupun Anda melakukan perawatan secara maksimal, namun jika tetap memakan goreng-gorengan, kemungkinan ketombe akan kembali muncul. (*)

    Oleh: deni mulyana sasmita / den

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    De Majestic jadi Pusat Seni dan Budaya Jabar
    Duta Besar Swedia Kolaborasi dengan Budi Dalton
    Terbukti Bersalah, Vanessa Divonis 5 Bulan Penjara
    2020 Produk Timberland 100 % Gunakan Daur Ulang
    Reopening Lois Jeans di Mall BIP Bandung

    Editorial