web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Mindset Seorang Entrepreneur Sukses
    net ilustrasi

    Mindset Seorang Entrepreneur Sukses

    AKU pengin jadi entrepreneur," kata mahasiswa yang seringkali ditemui, baik di kampus maupun ketika mereka memiliki aktivtas bisnis di luar.

    Pertanyaan yang selalu disampaikan untuk memastikan apa rencana anak muda nantinya, khususnya para mahasiswa yang sedang menduduki pendidikan di tingkat akhir. Pertanyaan ini juga relevan bagi mereka ketika melihat banyaknya anak muda yang gagal ketika menyandang status sebagai seorang alumni dari perguruan tinggi. Tidak sedikit biaya yang sudah dikelularkan untuk mendapatkan gelar dari bangku kuliah.

    “Madesu” atau yang lebih seringkali disebut dengan Masa Depan Suram, benar-benar sudah menjadi momok ketika mereka akan memasuki masa selesai kuliah. Jadi, tidak salah juga mereka menyatakan untuk menjadi entrepreneur. Akan tetapi, ada satu fakta yang perlu dicermati dengan baik agar tidak salah dalam menyikapi pilihan mereka untuk menjadi seorang entrepreneur.

    Permasalahan yang paling utama adalah berhubungan dengan mindset untuk menjadi seorang entrepreneur. Mindset yang seringkali belum tepat bagaimana hakikat seorang entrepreneur yang dimulai dari persepsi mereka tentang entrepreneurship itu sendiri. Hal ini bisa dipahami bahwa tidak semua entepreneur itu memiliki latar belakang pendidikan yang berhubungan dengan bisnis dan manajemen.

    Tidak ada hukumnya seorang entrepreneur harus dari pendidikan bisnis serta manajemen. Akan tetapi, bagi setiap orang yang akan menjadi entrepreneur dimana kesuksesan mereka itu sangat tergantung kepada pemahaman mereka terhadap bisnis dan lingkungan bisnis yang akan membuat mereka sukses dalam konteks seorang entrepreneur dalam bisnis. Inilah yang harus dipahami oleh setiap orang yang akan menjadi entrepreneur sukses.

    Entrepreneurship itu adalah mindset dan hal ini berawal dari persepsi mereka. Ingat, yang paling menggerakkan manusia untuk melakukan sesuatu itu adalah persepsi yang ada di benak mereka. oleh karena itu, mindset seseorang tentang entepreneurship itu harus dibereskan terlebih dahulu.

    Ada 2 hal yang akan memengaruhi mindset seorang entrepreneur yaitu pengetahuan dan pengalaman mereka terhadap entrepreneurship itu sendiri. Pengetahuan atau knowledge dapat diberikan melalui pendidikan yang diberikan oleh para senior ataupun dosen.

    Entrepreneurship itu banyak definisinya dan secara singkat, dapat dilihat sebagai kemampuan seseorang untuk melihat atau menciptakan peluang dan mengubahnya menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis yang memberikan manfaat bagi diri sendiri (profit), orang lain (people), lingkungan alam (planet) dan bisa bertahan untuk jangka panjang (sustainability serta tumbuh dan berkembang).

    Inilah pengetahuan yang dimulai dengan konsep yang harus diketahui, dipahami, dihayati serta dimanfaatkan oleh para entrepreneur dalam menjalankan pilihan sebagai seorang entrepreneur. Definisi lah yang akan membantu seorang entrepreneur untuk lebih paham dengan pilihan mereka menjadi entrepreneur.

    Pengalaman juga akan memengaruhi mindset seorang entrepreneur. Ada satu buku yang rasanya bisa menjadi model untuk memberikan pengalaman kepada para entrepreneur untuk sukses membuat mindset seorang entrepreneur. Buku tersebut adalah experiential marketing dimana pengalaman harus diberikan kepada konsumen untuk membuat mereka paham dengan produk.

    Pengalaman itu bisa dibentuk melalui see, feel, hear, taste dan smell. Dalam hal ini, entreprepeneur harus menggunakan panca indera mereka untuk memahami konsep marketing dengan baik. See atau melihat entrepreneur yang sukses. Lalu, feel, merasakan apa yang dirasakan oleh entrepeneur sukses dengan mendengar (hear) kesuksesan ataupun kegagalan yang pernah dirasakan oleh entrepreneur tersebut.

    Taste atau merasakan produk yang dihasilkan yang khusus untuk kuliner ataupun makanan serta mencium (smell) produk-produk yang dihasilkan oleh entrepreneur sukses. Inilah cara membangun mindset seorang entrepreneur agar benar dan tepat sehingga dapat digunakan untuk menggapai kesuksesan dalam bisnis, yaitu profit, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang. (*)

    Meriza Hendri
    Direktur STRABIZ Manajemen Bandung
    Founder GIMB Foundation

     

     

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Mindset Seorang Entrepreneur Sukses
    Kekuatan Disiplin Seorang Juara
    Usaha, Doa, dan Berserah pada Allah Swt
    Idul Fitri dan Nilai Kemanusiaan
    Memanfaatkan Networking
    • Memanfaatkan Networking

      SEBAGAI bagian dari komunitas yang besar untuk mencapai tujuan entrepeneur sukses dan selaras, tentu harus mengoptimasi potensi yang ada di dalam dan Selengkapnya..

      • 20 Juni 2016
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Advertisement On Google

      Klasemen Liga Dunia

      Tim M Point
      1. Chelsea 28 60
      2. Tottenham Hotspur 28 59
      3. Manchester City 28 57
      4. Liverpool 29 56
      Tampilkan Detail