web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Kekuatan Disiplin Seorang Juara

    Kekuatan Disiplin Seorang Juara

    DISIPLIN adalah konsep yang sudah umum didengar oleh banyak orang dimana hampir semua orang sukses dalam bidang mereka selalu menjalankan hal yang sama yaitu disiplin, disiplin dan disiplin.

    Silakan bertanya kepada orang-orang sukses ataupun membaca profil mereka yang sudah sukses. Mereka selalu menyatakan bahwa tidak ada kecuali mereka untuk menggapai sukses selain dengan disiplin itu sendiri.

    Disiplin ini berhubungan dengan bagaimana setiap entrepeneur yang bercita-cita menjadi juara selalu menjalankan dengan konsisten apa yang sudah ditetapkan sebagai aturan bagi mereka. Aturan ini bisa saja dibuat sendiri maupun oleh orang lain tentang apa yang mereka jalankan dalam konteks bisnis mereka.

    Inilah pelajaran yang paling penting dan harus menjadi perhatian setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis tersebut. Tidak ada pengecualian dalam diri setiap entrepreneur. disiplin adalah karakter yang harus dipahami dan dikembangkan serta ditetapkan sebagai salah satu syarat untuk mencapai sukses nantinya.

    Pertanyaan sederhananya adalah sejauh mana entrepeneur sudah mengetahui, menyadari dan memahami serta menghayati dan menjalankan dalam kehidupan bisnis mereka? Inilah yang menjadi tanda tanya besar. Tantangan seorang entrepeneur adalah mengalahkan diri mereka terlebih dahulu sebelum mengalahkan orang lain dalam bisnis mereka. Mengalahkan diri untuk mengikuti rule of the game yang ada dalam perusahaan mereka sendiri.

    Dalam kelas yang saya ajar tentang entrepeneurship, penekanan sikap yang harus dimiliki oleh para entrepeneur adalah aspek disiplin itu sendiri. Entrepeneur dituntut untuk bisa menepati kesepakatan yang sudah dibuat dan disepakati bersama dan bila tidak bisa atau gagal dalam menepati komitmen tersebut, harus mendapatkan konsekuensi dengan membawa cokelat sebagai dendanya.

    Seringkali siswa kaget dengan apa yang dilakukan dengan cara tersebut. Bahkan ada yang sampai membawa 7 batang cokelat dengan harga @Rp11.500 dan membuat mereka kaget setengah mati ketika tidak ada alasan untuk tidak mengganti kesalahan mereka dengan tidak disiplin dalam bisnis tersebut. Terlihat mereka marah, kecewa, kesal dan tidak menyukai cara saya dalam mendidik mereka.

    Akan tetapi, inilah risiko dari disiplin. Risiko yang dihadapi, yaitu ketika gagal dalam memenuhi kesepakatan yang sudah dibuat dan pastinya ada yang harus dibayar. Saya bilang kepada mereka, saya tidak membutuhkan cokelat, saya juga bisa membelinya. Sedikitpun saya tidak memakan cokelat tersebut karena dimakan bersama oleh mereka dan teman-teman sekelas.

    Inilah yang saya ajarkan kepada anak-anak muda yang sudah menjadi entrepeneur dan ingin sukses dalam bisnis mereka. Tidak gampang untuk menjadi juara karena dibutuhkan totalitas komitmen dan disiplin untuk membuat juara sejati tersebut berhasil dalam bisnis mereka. Oleh karena itu, jelas disiplin menjadi kunci suksesnya.

    Setelah penerapan program tersebut, mulailah entrepreneur berubah dalam perilaku sehari-hari dalam berbisnis. Dan dalam konteks pembelajaran tadi, anak-anak yang tidak disiplin mulai mengubah diri dan memperbaiki diri untuk lebih baik karena tidak mau membawa cokelat untuk sesuatu yang tidak terlalu bermanfaat bagi mereka. Semakin ke sini, sudah semakin jarang anak-anak yang kena hukuman membawa cokelat.

    Inilah yang dimaksud dengan kekuatan disiplin yang harus dikembangkan pada diri setiap entrepreneur untuk menjadi juara. Percuma mendidik mereka dengan konsep entrepreneurship, bisnis dan lingkungan bisnis serta manajemen bila mereka sendiri tidak bisa disiplin dalam bisnis dan menerapkan disiplin tersebut dalam kehidupan pribadi pada khususnya dan bisnis pada umumnya. Ingat, pribadi entepreneur itu adalah salah satu lingkungan bisnis yang harus diperhatikan oleh para entrepeneur untuk menjadi sukses. So, marilah disiplinkan diri untuk menjadi entrepeneur sukses dan juara. Salam juara. (*)

    Meriza Hendri
    Direktur STRABIZ Manajemen Bandung
    Founder GIMB Foundation

     

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Usaha, Doa, dan Berserah pada Allah Swt
    Kekuatan Disiplin Seorang Juara
    Idul Fitri dan Nilai Kemanusiaan
    Memanfaatkan Networking
    • Memanfaatkan Networking

      SEBAGAI bagian dari komunitas yang besar untuk mencapai tujuan entrepeneur sukses dan selaras, tentu harus mengoptimasi potensi yang ada di dalam dan Selengkapnya..

      • 20 Juni 2016
    Lomba Bisnis untuk Jadi Entrepreneur Sukses
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Teladani Semangat Pahlawan
      Teladani Semangat Pahlawan

      HARI Jumat (10/11/2017) ini bangsa Indonesia memeringati Hari Pahlawan. Tanggal 10 November mencatat peristiwa besar.

      Advertisement On Google

      Klasemen Liga Dunia

      Tim M Point
      1. Manchester City 12 34
      2. Manchester United 12 26
      3. Chelsea 12 25
      4. Tottenham Hotspur 12 23
      Tampilkan Detail

      Klasemen Liga Indonesia

      Tim M Point
      1 Bhayangkara FC 34 69
      2 Bali United 34 68
      3 PSM Makassar 34 65