web stats service from statcounter

Hot News


Inspirasi


    Memanfaatkan Networking
    net

    Memanfaatkan Networking

    SEBAGAI bagian dari komunitas yang besar untuk mencapai tujuan entrepeneur sukses dan selaras dengan konsep portal JuaraNews, tentu harus mengoptimasi potensi yang ada di dalam dan di luar diri.

    Potensi yang menjadi kekuatan dan seringkali juga peluang, harusnya dapat berkontribusi positif pada pencapaian tujuan perusahaan.

    Salah satu potensi yang seringkali menjadi perhatian adalah networking atau jaringan dengan sesama pengusaha (entrepeneur). Hal ini menjadi potensi besar yang harus dikelola dengan baik. Banyak hal yang bisa dikolaborasikan dengan sesama entrepeneur lainnya.

    Akan tetapi, seringkali entrepeneur kurang memanfaatkan apa yang ada dari aspek networking tersebut. bahkan, entrepreneur ada yang terjebak dalam situasi yang lebih banyak kepada kongkow-kongkow dengan teman-teman. Inilah yang harus menjadi perhatian.

    Kongkow-kongkow sih boleh saja, akan tetapi, bagaimana dengan manfaat yang seharusnya didapat dari networking tersebut? Kongkow sih boleh-boleh saja, tapi, jangan sampai larut dalam kegiatan karena ada dimensi lain yang perlu menjadi perhatian, yaitu waktu yang bagi setiap entrepeneur memiliki keterbatasan. Jelas sekali, waktu tersebut sangat terbatas.

    Karena itu, perlu diperhatikan beberapa hal sehubungan dengan networking ini. Tentu, tujuan utamanya adalah bagaimana networking bisa memberikan value yang optimal bagi pencapaian tujaun bisnis entrepreneur, yaitu profit, people, planet, sustainability, dan juga bisnis yang tumbuh dan berkembang.

    Pertama, adalah bagaimana memilih komunitas yang relevan dengan bisnis yang dijalankan oleh para entrepeneur. Relevansinya ini sangat penting agar bisa memberikan value bagi pencapaian tujuan bisnis tersebut. Sebagai contoh, bisnis yang saya jalankan adalah di bidang kursus atau pendidikan, maka komunitas yang diikuti adalah yang relevan dengan bidang ini.

    Inilah yang menjadi penting buat entrepeneur. Bergabung dengan komunitas yang paling bermanfaat untuk bisnis yang saya jalankan. Banyak informasi, saling berbagi dengan sesama entrepeneur lainnya untuk meningkatkan produktivitas bisnis kita.

    Kedua, memahami rules of the game dari komunitas tersebut. Ini penting untuk membuat kesamaan persepsi atas harapan, hak dan kewajiban kita kepada komunitas. Jangan hanya menuntut hak, akan tetapi kurang peduli dengan kewajiban. Hati-hati karena tidak adanya keseimbangan akan menyebabkan teman-teman di komunitas menjadi kurang simpati dengan kita.

    Seringkali banyak orang yang kurang memahami rule of the game dalam suatu komunitas, malah membuat mereka tidak bisa menjalankan apa yang seharusnya tugas dan kewajiban dalam komunitas tersebut. Dampaknya, terjadi “gesekan” dengan pengurus ataupun anggota komunitas lainnya. Ini tidak baik untuk entrepeneur dalam menjalankan bisnis.

    Ketiga, aktif dengan kegiatan komunitas. Aktivasi peranan kita dalam organisasi menjadi penting agar peranan kita jelas di organisasi. Bahkan hal ini akan membuat bagaimana teman-teman merasakan manfaat atas keberadaan kita dalam organisasi tersebut.

    Ingat, give and take, itu konsep yang harus dimiliki dan dijalankan dalam suatu komunitas. Beri dulu, baru ambil. Jangan dibalik, ambil dulu, baru beri. Kenapa demikian? Apa yang kita beri itu, akan menentukan apa yang kita dapatkan.
    Konsep inilah yang perlu diperhatikan oleh para entrepeneur dalam membangun dan memanfaatkan networking untuk menjadi entrepeneur sukses. Bersama komunitas, entrepeneur akan tumbuh dan berkembang. Sukses ya buat kita semua. Salam Juara. (*)

    Meriza Hendri
    Direktur STRABIZ Manajemen Bandung
    Founder GIMB Foundation

     

     

     

    den

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Memaknai Arti Kemerdekaan di Era Disrupsi
    Menikah dan Perjuangan
    Persuasive Relationship untuk Pasutri
    Jangan Seduh Susu dengan Air Panas. Ini Alasannya
    'Ideologi Kaum Alay', Mengancam Masa Depan

    Editorial


    • Teladani Semangat Pahlawan
      Teladani Semangat Pahlawan

      HARI Minggu (10/11/2019) ini bangsa Indonesia memeringati Hari Pahlawan. Tanggal 10 November mencatat peristiwa besar.


      Klasemen Liga Dunia

      Tim M Point
      1. Liverpool 12 34
      2. Leicester City 12 26
      3. Chelsea 12 26
      4. Manchester City 12 25
      Tampilkan Detail

      Klasemen Liga Indonesia

      Tim M Point
      1 Bali United 26 57
      2 Persipura Jayapura 26 44
      3 Madura United 27 44