Lulus PQ WHO, Pentabio Siap Masuk Pasar Ekspor

Lulus PQ WHO, Pentabio Siap Masuk Pasar Ekspor

  • Rabu, 31 Desember 2014 | 19:09:00 WIB
  • 0 Komentar

JuaraNews, Bandung - Produk vaksin terbaru Bio Farma, Pentabio 5 in 1 (Difteri, Tetanus, Pertusis, Hepatitis B, Haemophilus influanzae tipe b) berhasil meraih kelulusan–Pra Qualifikasi (PQ) dari Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization).

Dengan mengantongi kululusan PQ dari WHO, Pentabio 5 in 1 pun menambah portofolio vaksin Bio Farma yang terdaftar untuk dibeli WHO, UNICEF, PAHO serta negara-negara lain di dunia. Meski demikian, kebutuhan dalam negeri tetap menjadi prioritas utama.

"Dengan penambahan produk vaksin Pentabio, total produk vaksin Bio Farma yang listed di WHO menjadi 13 produk," ujar Direktur Utama Bio Farma, Iskandar saat memberikan sambutan pada acara peresmian Gedung Administrasi 2 serta Peletakan batu pertama pembangunan fasilitas produksi dan pengemasan.

World Health Organization (WHO) sendiri memiliki kewenangan menilai kualitas, keamanan dan khasiat produk vaksin dari berbagai produsen dunia. Pra Kualifikasi WHO dilakukan untuk menilai kualitas vaksin, memenuhi spesifikasi tender, memenuhi standar mutu. Aspek penting dalam pra kualifikasi WHO pun mencakup komitmen manajemen, penerapan quality management system secara menyeluruh, serta Kualitas Badan POM di negara tersebut.

Iskandar menambahkan, pihaknya sangat bersyukur dan mengucapkan terima kasih atas upaya maksimal dari seluruh karyawan Bio Farma karena proses mendapatkan PQ WHO tersebut tidak mudah. Keputusan ini didasarkan pada review Product Summary File, evaluasi dari konsistensi karakteristik produk akhir, audit visitasi ke fasilitas produksi dan menindaklanjuti pelaksanaan rekomendasi yang dibuat oleh reviewer WHO selama evaluasi. (*)

Oleh: ageng rustandi / ang

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Rupiah Menguat di Tengah Wabah Virus Corona
Pos Indonesia Terapkan Protokol Antisipasi Penyebaran Corona
Antispasi Serangan Virus Corona, Bank BJB Berlakukan Work Form Home
PLN Tetap Siaga Menjaga Pasokan Listrik Masyarakat, di Tengah Merebaknya Covid-19
RUU Cipta Kerja Diperlukan untuk Antisipasi Peningkatan Angka Pengangguran

Editorial