Hot News


JN-TAM

Inspirasi


    Harapan Baru di Tahun Baru 2015
    net

    Harapan Baru di Tahun Baru 2015

    • Rabu, 31 Desember 2014 | 18:06:00 WIB
    • 0 Komentar

    BESOK, Kamis bertepatan dengan tanggal 1 Januari 2015, hampir seluruh umat manusia di dunia ini merayakan malam pergantian tahun atau dikenal dengan malam Tahun Baru.

    Hampir semua kota-kota di dunia pula, digelar pesta perayaan Tahun Baru, termasuk di Indonesia, seperti di Kota Bandung.

    Malam pergantian tahun selalu dihiasi kemeriahan-kemeriahan, seperti pesta kembang api atau perhelatan panggung-panggung hiburan. Sedangkan pusat-pusat perbelanjaan ramai-ramai menggelar diskon besar-besaran atau biasa disebut New Year Sale, mulai sore hari hingga pukul 00.00 sebagai tanda bergantinya tahun. Demikian pula kali ini, saat tahun berganti dari 2014 ke 2015.

    Lalu, apa makna pergantian tahun ini? Itu sebenarnya yang harus menjadi catatan bagi kita, baik sebagai individu, keluarga, masyarakat, maupun warga negara Indonesia. Sejatinya, malam Tahun Baru sama saja seperti malam-malam biasanya, tak lebih dari sebuah pergantian hari. Satu yang membedakannya, peristiwa setahun sekali ini melambungkan asa dan harapan, agar esok hari pada Tahun Baru, lebih baik dari hari di tahun sebelumnya.

    Sepanjang tahun 2014, tentu meninggalkan banyak cerita dan catatan bagi kehidupan setiap orang. Ada kisah sedih, suka, kebahagiaan, dan masalah. Indonesia pun memiliki banyak kisah yang layak tetap diingat. Terjadinya banyak konflik sosial, tragedi, bencana, hingga peristiwa-peristiwa politik dan hukum, bisa dijadikan cermin.

    Seperti musibah yang tengah terjadi saat ini. Seperti banjir di Bandung Bandung yang merendam lebih dari 3.000 rumah di 3 kecamatan hingga 14.276 jiwa atau 4.409 KK harus mengungsi di tempat-tempat pengungsian. Atau peristiwa bencana longsor yang di Kabupaten Bandung Barat yang menewaskan 2 wargaa. Atau bencana putting beliung yang menimpa Kota Bandung bagian timur, hingga memorakporandakan lebih dari 100 rumah dan menumbangkan puluhan pohon.

    Di samping bencana alam, tepatnya tiga hari lalu atau Minggu (28/12/2014), dunia penerbangan Indonesia kembali berduka dengan jatuhnya pesawat AirAsia rute Surabaya-Singapura di perairan antara Pulau Kalimantan dan Belitung. Dipastikan 155 penumpang dan 7 kru pesawat tewas.

    Selain bencana, tahun 2014 juga mencatat beberapa sejarah, seperti terpilihnya Presiden baru Indonesia, yakni Joko Widodo yang didampingi wakilnya, Jusuf Kalla. Pasangan ini berhasil memenangkan Pemilu Presiden yang berlangsung demokratis, kendati berujung di meja pengadilan Mahkamah Konstitusi. Sebelumnya, Indonesia juga sukses menggelar Pemilu Legislatif dengan terpilihnya para wakil rakyat, baik di DPR, DPD, dan DPRD-DPRD di seluruh Indonesia.

    Kejadian sepanjang tahun ini tentu harus menjadi pembelajaran bagi kita bangsa Indonesia gar menjadi lebih baik dalam menjalani tahun 2015. Pekerjaan-pekerjaan rumah yang belum terselesaikan selama 2014, tentu harus menjadi prioritas pada 2015. Penanganan kasus korupsi misalnya, yang masih belum maksimal, atau pengentasan kemiskinan, pengangguran, serta peningkatan kesejahteraan rakyat, tentunya harus tetap menjadi prioritas utama pemerintah pada tahun 2015 nanti.

    Momen pergantian tahun ini pun bisa dijadikan ajang introspeksi diri, sebagai bekal agar tahun 2015 bisa lebih baik dibanding 2014. Memanjatkan rasa syukur dan pengharapan serta doa, agar Tahun Baru 2015 bisa lebih baik dari tahun sebelumnya, tentu jauh lebih bermakna jika dilakukan di tengah-tengah kemeriahan malam Tahun Baru.

    Sehingga pergantian tahun tidak hanya berlalu sebagai sebuah pesta tanpa makna, tapi lebih dari itu, menjadi momen perenungan menuju tahun yang lebih baik. Selamat Tahun Baru 2015. (*)

    Oleh: deni mulyana sasmita / den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Berdamai atau Hidup Tanpa Corona
    Jadi Pribadi yang Lebih Baik di Tahun Baru 2020
    Teloransi, Kebersamaan dalam Perbedaan
    Teladani Semangat Pahlawan
    Tahun Baru Hijriah, Pererat Silaturahmi Toleransi
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Klasemen Liga Dunia

      Tim M Point
      1. Liverpool 38 99
      2. Manchester City 38 81
      3. Manchester United 38 66
      4. Chelsea 38 66
      Tampilkan Detail

      Klasemen Liga Indonesia

      Tim M Point
      1 Persib Bandung 3 9
      2 Bali United 3 7
      3 PSIS Semarang 3 6