web stats service from statcounter

Hot News


Inspirasi


  • Menikah dan Perjuangan
    Menikah dan Perjuangan

    SUAMI dan istri yang sudah menikah, semakin lama komunikasi yang terjadi kurang harmonis.

    Fokus Seorang Pemimpin
    net

    Fokus Seorang Pemimpin

    MENJADI seorang pemimpin adalah kesempatan yang sangat berharga karena tidak semua orang berkesempatan untuk menjadi pemimpin dalam suatu entitas bisnis.

    Inilah yang menjadi kesimpulan ketika berdiskusi dengan para entrepreneur yang dilakukan oleh GIMB Entrepreneur School beberapa waktu yang lalu. Diskusi tentang sejauh mana peran seorang pemimpin dalam bisnis.

    Kesempatan yang berharga ini harus dimanfaatkan oleh para entrepreneur dengan sebaik mungkin agar bisa memberikan bukti yang kuat bahwa entrepreneur itu memang layak menjadi seorang pemimpin bagi diri sendiri dan juga bisnis mereka. Bagi saya, seringkali entrepreneur gagal dalam bisnis dikarenakan oleh entrepreneur yang tidak memiliki leadership yang cukup dalam memimpin bisnis mereka.

    Kegagalan seorang pemimpin berhubungan dengan knowledge, skill dan attitude mereka tentang leadership itu sendiri. Knowledge itu berhubungan dengan pengetahuan entrepreneur tentang kepemimpinan. Ada konsep yang harus dipahami sehingga mereka harus terus belajar tentang hakekat leadership. Hakekat inilah yang seringkali kurang dipahami oleh para entrepreneur dalam menjalankan peranan dalam bisnis.

    Hakekatnya leadership itu adalah kemampuan seseorang mempengaruhi orang lain atau the ability to influence. Hal ini jelas membuat seorang entrepreneur harus bisa memengaruhi orang lain. Banyak teori yang membahas tentang leadership ini tetapi esensinya adalah bagaimana seorang entrepreneur perlu memahami konsep ini dengan baik.

    Perlu juga diketahui bahwa leadership tersebut berhubungan dengan managerial skill yang harus dimiliki oleh entrepreneur. Manajemen yang dilakukan oleh entrepreneur tidak akan efektif bila tidak memiliki leadership skill yang tepat dan sesuai dengan yang seharusnya oleh setiap entrepreneur.

    Yang kedua adalah setiap entrepreneur harus fokus pada peningkatan skill yang setiap entrepreneur yang berhubungan dengan leadership tadi. Skill mereka harus terus ditingkatkan yaitu skill yang berhubungan dengan membuat keputusan atau decision making. Skill ini menjadi penting karena inilah esensi seorang entrepreneur dan seorang leader yaitu membuat keputusan. Seringkali orang membuat keputusan yang “salah” karena mengikuti emosi ataupun intuisi mereka.

    Skill lainnya berhubungan dengan communication skill, team work serta motivational skill yang dibutuhkan oleh setiap leader kepada para anggota atau setiap orang yang mereka pimpin. Inilah beberapa skill yang harus dimiliki dan terus dikembangkan oleh setiap entrepreneur. Pengembangan ini bisa didapatkan dari pelatihan yang bisa diikuti oleh para entrepreneur dalam menjalankan bisnis mereka.

    Yang ketiga adalah berhubungan dengan attitude atau sikap seorang entrepreneur dalam menjalankan leadership mereka. sikap ini adalah bagaimana kemampuan seorang entrepreneur dalam memberikan respon terhadap apa yang datang kepada mereka. respond yang diberikan diharapkan bisa positif. Hal ini penting untuk membuat leadership atau pengaruh mereka terhadap apa yang dipimpin menjadi baik.

    Inilah yang harus menjadi perhatian para entrepreneur dalam menjalankan peranan mereka sebagai seorang leader. Fokus pada peningkatan knowledge, skill dan attitude seorang leader yang tepat. Hal ini bisa dilatih terus menerus dan akan berdampak kepada kualitas kepemimpinan nantinya. (*)

    Meriza Hendri
    Mahasiswa program Doktor Manajemen Unpad
    Pembina GIMB Foundation. Dosen Universitas Widyatama, Bandung

     

     

     

    den

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Menikah dan Perjuangan
    Persuasive Relationship untuk Pasutri
    Jangan Seduh Susu dengan Air Panas. Ini Alasannya
    'Ideologi Kaum Alay', Mengancam Masa Depan
    Ini Manfaat Mengkonsumsi Nanas dengan Bonggolnya

    Editorial


    • Marhaban Ya Ramadan
      Marhaban Ya Ramadan

      DATANGNYA bulan suci Ramadan ini begitu istimewa bagi kaum muslimin. Banyak makna yang terdapat di Bulan Puasa ini.


      Klasemen Liga Dunia

      Tim M Point
      1. Manchester City 38 98
      2. Liverpool 38 97
      3. Chelsea 38 72
      4. Tottenham Hotspur 38 71
      Tampilkan Detail

      Klasemen Liga Indonesia

      Tim M Point
      1 Bali United 2 6
      2 Kalteng Putra 1 4
      3 Borneo FC 2 4