Hot News


Inspirasi


  • Dirgahayu Sat Linmas ke-58
    Dirgahayu Sat Linmas ke-58

    NEGARA Republik Indonesia lahir melalui perjuangan bangsa dan pahlawannya yang melepaskan diri dari penjajahan dan sejajar dengan bangsa di dunia.

    Nikmatnya Petualangan Kopi Sancang
    Ude D. Gunadi/JuaraNews Muhamad Sulaeman, pemilik Kedai Kopi Sancang

    Nikmatnya Petualangan Kopi Sancang

    JuaraNews, Bandung – Kopinya para petualang. Begitu kedai kopi Sancang memberi tagline untuk produk dan layanannya. “Petualang dalam arti berbagai hal,” kata pemilik kedai Kopi Sancang, Muhamad Sulaeman, di Bandung, Sabtu (14/5/2016).

     Sesuai namanya, Kopi Sancang terletak di Jalan Sancang No. 8 Kota Bandung. Tepatnya di depan halaman sekretariat PCNU Kota Bandung.  Kedai ini berdiri sejak Pebruari 2016. “Selama dua tahun saya menganggur tidak ada pekerjaan. Bingung apa yang harus dikerjakan. Tiba-tiba teringat kopi, lalu saya buatlah kedai Kopi Sancang ini,” katanya saat berbincang dengan JuaraNews.

    Sule, panggilan akrab Muhamad Sulaeman ini, mengolah dan meracik sendiri kopi yang disajikan. Dipasok kopi dari petani di Bandung Selatan, Sule mengolah mulai dari biji mentah (greenben) kemudian meroasting sendiri. “Kita punya roaster ahlinya. Kita rosting sendiri,” katanya.

    Kopi yang diolahnya, kata aktivis Anshor ini, asli dipetik dari kebun kopi hutan di Pangalengan, Bandung Selatan. “Jadi ini kopinya akan beda rasanya. Tidak seperti kopi-kopi yang lain,” ujarnya lagi.

    Kopi yang disajikan dalam berbagai varian, mulai kopi tubruk, kopi sancang original, kopi capucino, kopi caramel, dan kopi ekspresso. “Menu lainnya juga tersedia,” kata pria berkacamata ini.

    Setiap malam, kopi selalu dipenuhi pengunjung. Kebanyakan, kata Sule, para aktivis yang hang out  setelah melakukan aktivitas. “Terkadang mereka juga melakukan rapat di sini,” kata mantan mahasiswa ISBI ini.

     ***

    Agustani Kirtadiredja, Pengacara Agus Indra Firdaus, dan Penulis di Kopi Sancang.

    ----------------------------------

    SALAH seorang pengunjung, Agus Indra Firdaus, mengaku sering mengunjungi kedai kopi. Ia merasa pas dengan rasa kopi yang disajikan kopi sancang. “Sering juga pertemuan di sini. Kalau janjian sama beberapa teman, suka mengambil tempat di sini,” kata pengacara muda ini.

    Selain Agus, Agustani juga termasuk pelanggan kopi Sancang yang setia. Dalam setiap minggu, Agustani selalu menyempatkan diri minum di kedai yang berlokasi di halaman parkir sekretariat NU ini. “Bukan hanya soal rasa. Tapi suasana yang cukup nyaman untuk berinteraksi,” kata penggiat pendidikan ini. (*)

     

    Oleh: ude gunadi / ude

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Renovasi Ruang Pribadi Anda, Mau Pakai Parket Atau Vinyl?
    Anggrek Merpati, Bunga Bandel dan Tahan Banting. Mudah Merawatnya
    Asupan Vitamin K pada Bayam dan Telor akan Bantu Lawan Covid-19
    Gebrakan New Normal, Pos Indonesa Luncurkan Apps Videoconfrence dengan Kilobyte Rendah
    Iwan Fals: Badan Boleh Hancur, Tapi Jiwa Semangat Pikiran dan Mental Tidak!
    Berita Terdahulu

    Editorial