ultah bandung

Hot News


Inspirasi


    Harta Karun Kapal Paman Vasco Da Gama
    Reruntuhan puing kapal The Esmeralda.

    Harta Karun Kapal Paman Vasco Da Gama

    JuaraNews – Vasco Da Gama adalah seorang penjelajah terkenal dari Protugis. Namun, selain dia, ternyata Vicente Sodre, paman Vasco Da Gama juga pelaut ulung. Dia menakhodai kapal The Esmeralda.

    Berdasarkan catatan sejarah, kapal ini tenggelam 500 tahun silam di laut wilayah Oman akibat diterpa badai ganas di Samudera India pada Mei 1503. Vicente dan seluruh anak buah kapalnya tewas.

    Berkat catatan sejarah ini pula, para pemburu harta karun mulai bergerak menyisir kawasan perairan Oman sejak 2013 silam. Tim pencari dari perusahaan asal Inggris, Blue Water Recoveries dan Kementerian Kebudayaan dan Peninggalan Oman melakukan pencarian di Pulau Ghubbat ar Rahib Bay.

    Setelah pencarian bertahun-tahun, akhirnya kapal The Esmeralda ditemukan. Di antara puing-puing kapal yang telah hancur itu, para pencari menemukan tumpukan benda-benda berharga, dari keramik, uang koin emas, dan perak Indio. Koin langka dan bersejarah ini bernilai sangat tinggi. Artikel tentang temuan kapal The Esmeralda itu lalu diterbitkan dalam jurnal The International Journal of Nautical Arcehology.

    Direktur Blue Water Recoveries David L Mearns mengatakan, koin emas dan perak Indio dibuat pada 1499. Koin itulah yang menjadi petunjuk kuat identitas reruntuhan kapal di dasar laut Oman itu. “Itu penemuan yang mengagumkan,” kata David.

    Pemerintah Oman berencana terus mencari dan menemukan peninggalan-peninggalan lain dari kapal bersejarah yang karam. “Oman tengah mencari arsip dari luar untuk mengetahui hubungan dan perdagangan antara Oman dan bangsa luar beberapa abad silam,” ungkap Ayoub al-Busaidi, pejabat dari Kementerian Kebudayaan Oman. (*)

    Oleh: akbar aulia / bar

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Terkait
    Berita Lainnya
    Sequoia, Pohon Terbesar dan Tertua di Dunia
    Tradisi Budaya Indonesia yang Biasa Dilakukan pada Muharam
    Pertanyaan Menggelitik: Apakah Covid-19 Benar-benar Ada?
    Populasi Serangga Makin Turun. Pertanda Kiamat Sudah Dekat? Ini Penjelasan Entomologis LIPI
    Hebat, Selandia Baru Sudah Menyatakan Bebas dari Covid-19
    Berita Terdahulu

    Editorial


      walikota

      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads