Hot News


JN-TAM

Inspirasi


    Danau Retensi Cieunteung Diharapkan Segera Rampung

    Danau Retensi Cieunteung Diharapkan Segera Rampung

    JuaraNews, Bandung - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa berharap rencana pembangunan danau retensi pengendali banjir di Kampung Cieunteung Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung bisa segera terealisasi. Dengan demikian, masalah banjir tahunan di cekungan selatan Bandung bisa diatasi.

    Kabupaten Bandung, katanya, merupakan satu dari 274 daerah di Indonesia yang menurut BNPB sebagai daerah rawan bencana banjir dan longsor. Menurut Khofifah, pola pembangunan yang terencana dengan baik, bisa menyelesaikan masalah banjir tahunan di selatan Bandung ini.

    Namun untuk jangka pendek tanggap darurat, kata Khofifah, penyaluran logistik dan pendirian dapur umum bagi para pengungsi harus menjadi fokus utama pemerintah daerah setelah para korban diungsikan ke posko pengungsian.

    "Antara pemerintah kabupaten dengan provinsi harus terkomunikasikan dengan baik. Saat tanggap darurat, dapur umum sangat penting karena kalau kita berikan logistik mentah, pengungsi kesulitan memasaknya," kata Khofifah dalam kunjungannya ke lokasi banjir di Kabupaten Bandung dan Dapur Umum di Telkom University, Bojongsoang Kabupaten Bandung, Senin (14/32016).

    Sementara itu, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengalu terus fokus dalam penyaluran logistik yang memadai kepada para korban banjir. Berapapun kebutuhan para pengungsi, katanya, akan diatasi oleh Pemprov Jabar dan Kementerian Sosial.

    "Banjir ini permasalahan sejak puluhan tahun lalu dan belum ada penyelesaiannya. Semoga semua pihak mengambil pelajaran dari banjir ini. Pemprov Jabar sendiri sudah mengupayakan pembebasan Cieunteung untuk dijadikan danau retensi," katanya.

    Gubernur berharap warga Kampung Cieunteung seluruhnya menyetujui pembebasan lahan tersebut, sedangkan Pemkab Bandung mengupayakan relokasinya. Dengan danau retensi ini, diharapkan tidak akan terjadi banjir kembali di selatan Bandung. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Masyarakat Diimbau Waspada Ancaman Tanggul Jebol saat Musim Hujan
    Masyarakat Diminta Tetap Menerapkan Protokol Kesehatan saat Libur Panjang
    Pemkot Bandung Fokus Percepatan Intervensi Stunting
    Pemkot Bandung Mulai Proses Pembangunan Rumah Deret Tamansari
    Antisipasi Bajir, Pemkot Bandung Bangunan Dua Kolam Retensi Baru
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Pos Indonesia kanan
      walikota

      Info Kota


      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads