Jebol Teralis, 7 Napi LP Paledang Bogor Kabur
istimewa Ketujuh napi LP Palengan dalam pencarian polisi

Jebol Teralis, 7 Napi LP Paledang Bogor Kabur

JuaraNews, Bogor - Sebanyak 7 narapidana LP Paledang, Kota Bogor, kabur setelah menjebol teralis, Minggu (13/3/2016) dini hari. Hingga saat ini, pengejaran masih dilakukan petugas LP Paledang dan Polres Bogor Kota.

Para napi itu kabur dengan cara menggergaji teralis di ruang tahanan tindak pidana umum. Mereka kemudian melompati tembok samping gedung LP. Tujuh napi berhasil kabur, namun 1 napi lain tertangkap petugas lapas karena terjatuh dan mengalami patah kaki saat mamanjat dinding.

Kepala LP Paledang Suharman mengatakan, kaburnya tahanan diketahui sekitar pukul 03.50 WIB menjelang azan Subuh. "Dari 8 napi yang kabur, 1 berhasil ditangkap," ungkap Suharman, Minggu (13/3/2016).

Dia menjelaskan, para napi yang kabur dari LP tersebut sebagian besar tersangkut kasus kriminal umum. Ketujuh napi kabur tersebut teridentifikasi bernama Amirudin alias Amir (37), Indra Setiawan alias Alex (29), Ade Muchtamil alias Ade (34), Saeful (24), Casrudin alias Tata (37), Ramli (31), dan Andre Andriansyah (19).

Sebagian dari napi tersebut tergolong cukup berbahaya. Sepreti Amir asal Makassar, terpidana kasus pembunuhan yang sempat menjadi warga di Kampung Munjul RT 01/05 Kelurahan Kayumanis Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor.

Sementara Indra asal Cigudeg Bogor, Ade asal Jakarta Selatan, Saeful asal Jasinga Bogor, merupakan napi kasus narkotika. Sedangkan 2 napi lainnya, Tata dan Ramli tersangkut kasus pencurian, serta Andre narapidana kasus penganiayaan.

Pihak LP pun telah melaporkan kejadian tersebut ke Kakanwil Kemenkumham Jabar dan sudah berkoordinasi dengan polisi untuk membantu pencarian para napi kabur tersebut.

"Tujuh napi melarikan diri sekitar pukul 03.45 WIB. Saya dapat informasi dari Kalapas, kemudian saya datang ke sini untuk mengecek. Napi yang kabur berasal dari satu kamar, dari kamar nomor 13," kata Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jabar Agus Toyib di LP Paledang, Minggu (13/3/2015).

Hingga saat ini, proses pengejaran terhadap 7 narapidana yang melarikan diri masih dilakukan.
"Kalapas sudah berkoordinasi dengan Polres Bogor Kota untuk melakukan pengejaran," kata Agus.

Selain bekerjasama dengan polisi, pihak LP Paledang juga tengah melakukan investigasi terkait keberadaan gergaji yang digunakan para napi untuk memotong teralis.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Sulistyo Pudjo Hartono mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan kemana kaburnya 7 warga binaan tersebut. Pihaknya pun kini tengah melakukan pencarian ke sejumlah lokasi yang dicurigai menjadi persinggahan ketujuh napi tersebut.

"Ketujuhnya kini sedang kami lakukan pencarian dan pengejaran," ujar Sulistyo. (*)

den

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


263 Pasien Positif Covid19 di Jabar, 13 Diantaranya Sembuh
Gubernur Jabar Ridwan Kamil Usul Bodebek Masuk PSSB Klaster Jakarta
Jabar Wajibkan Masyarakat Gunakan Masker Saat Keluar Rumah
SE Kemenag : Larangan Buka Puasa dan Sahur On The Road bersama Selama Ramadhan 1441 H
5.047 Pekerja di Jabar Di-PHK Akibat Penyebaran Virus Corona

Editorial