ultah bandung

Hot News


JN-TAM

Inspirasi


    Dihuyur Hujan, Bandung Selatan Kebanjiran Lagi
    net ilustrasi

    Dihuyur Hujan, Bandung Selatan Kebanjiran Lagi

    JuaraNews, Bandung - Menyusul hujan deras sepanjang hari Sabtu (12/3/2016), mengakibatkan sejumlah wilayah di Kabupaten Bandung, khususnya di sekitar Sungai Citarum didera banjir, Minggu (13/3/2016), yang diakibatkan meluapnya Citarum, dan sejumlah anak sungainya.

    Salah satunya, akses Jalan Raya Dayeuhkolot menuju Baleendah, digenangi air dengan ketinggian mencapai 50 cm. Akibatnya, puluhan kendaraan baik motor maupun mobil yang hendak melintas terpaksa mencari jalan yang lain.

    "Debit air dari Sungai Citarum sudah mencapai 2 meter lebih. Luapan air ini telah menggenangi Jalan Raya Dayeuhkolot menuju Baleendah dan sebaliknya. Maka akses jalan ke daerah tersebut terisolir. Semua jenis kendaraan terpaksa tidak dapat melintas karena derasnya air dari aliran sungai," papar Kepala tim SAR Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Kota Bandung Atep Salman Alfarisi.

    Selain menggenangi Jalan Raya Dayeuhkolot, luapan air juga meredam ratusan rumah warga di Kelurahaan Andir dan Cieunteung, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung.

    Akibat banjir ini, kemacetan terjadi mulai simpang lima Jalan Baleendah menuju Ciparay dan arah sebaliknya, yaitu pertigaan Dayeuhkolot. Sejumlah kendaraan yang memaksakan melintasi jalan tersebut mogok akibat terendam air. Genangan air juga sampai merendam sebagian Jalan Raya Banjaran.

    Tim SAR gabungan pun harus bekerja keras mengevakuasi warga yang terjebak banjir di wilayah Baleendah, Pameungpeuk, dan Banjaran, Minggu (13/3/2016). Mereka selanjutnya akan ditempatkan di sjeumlah lokasi penampungan sementara.

    "Hari ini kita akan evakuasi warga di Seluruh Kecamatan Banjaran. Evakuasi dimulai dari komplek Damar Mas, Tarajusari, dan Kamasan. Karena wilayah tersebut tergolong parah tertimpa banjir," ujar Atep.

    Warga yang telah dievakuasi di penampungan sementara mencapai 121 KK terdiri atas 452 jiwa, dengan 27 balita dan seorang ibu hamil. Mereka berada di 5 tempat evakuasi, yaitu GOR Baleendah, GOR Inkanas, Masjid Al-mustofa, Kantor Desa Bojong Asih, dan Mesjid Argadiredja Baleendah.

    Sementara itu, meluapnya Sungai Cisangkuy membuat puluhan rumah di Desa Bojongkoneng, Kecamatan Pameungpeuk, terendam banjir pada Minggu (13/3/2016) dini hari. Ketinggian air di desa itu mencapai perut sekitar 1 meter, yang memasuki rumah-rumah warga. Akibat banjir yang membawa berbagai material, warga pun harus dievakuasi ke tempat aman.

    "Kami upayakan mengevakuasi warga yang terjebak di rumah mereka di Desa Bojongkoneng, agar mau pindah ke tempat yang lebih aman. Mengingat tingginya debit air dan derasnya arus banjir dikhawatirkan menjebak warga di dalam rumah mereka," paparnya.

    Di Kampung Bojongasih, Kecamatan Dayeuhkolot, ratusan warga masih tertahan di rumahnya masing-masing yang terendam banjir.
    dengan ketinggian mencapai 1,2 mdeter.

    Meski telah ketinggian air telah turun hingga puluhan sentimeter, warga tetap khawatir, mengingat debit air yang terus fluktuatif sesuai curah hujan yang biasanya turun sore hari.

    "Ketinggian air saat ini mencapai atap lantai satu rumah warga, kira-kira 1,2 meteran. Rumah-rumah warga yang biasanya tidak pernah sampai terendam banjir, sekarang air masuk sampai ke dalam rumah," ujar Dayat, salah seorang warga.

    "Masih banyak warga yang milih bertahan karena punya 2 lantai, tapi kebanyakan lansia dan anak - anak masih nunggu bantuan evakuasi," sambungnya. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Pemkot Bandung Fokus Percepatan Intervensi Stunting
    Pemkot Bandung Mulai Proses Pembangunan Rumah Deret Tamansari
    Antisipasi Bajir, Pemkot Bandung Bangunan Dua Kolam Retensi Baru
    Kelurahan Kebon Gedang Kota Bandung Bentuk Komunitas Tanggap Stunting
    Di Masa Pandemi Covid-19, Pemkot Bandung Ajak BUMN dan BUMD Salurkan CSR di Bidang Pendidikan
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Pos Indonesia kanan
      walikota

      Info Kota


      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads