web stats service from statcounter

Hot News


Inspirasi


    Pemakaman Muslim Tertua di Prancis Ditemukan
    Makam muslim tertua di Eropa.

    Pemakaman Muslim Tertua di Prancis Ditemukan

    JuaraNews – Hubungan antara orang Eropa dengan kaum muslimin umumnya terjadi dalam dua segi, pertama ilmu pengetahuan, kedua peperangan. Hal ini tercatat dalam sejarah. Selain itu, terdapat beberapa bukti otentik yang menguatkan simpulan tersebut.

    Beberapa waktu lalu, para arkeolog Prancis menemukan tiga makam dari abad ke-8 Masehi di kawasan wilayah selatan Nimes yang diyakini sebagai pemakaman muslim tertua di Eropa. Jurnal ilmu pengetahuan Plos One melansir, kerangka yang berada di dalam makam itu semuanya menghadap kiblat, Kakbah di Mekkah.

    Berdasarkan analisis genetik terhadap sejumlah kerangka itu menunjukkan mereka adalah keturunan suku Berber dari Afrika Utara. Salah satu kerangka diketahui milik seorang pemuda berusia 20-an tahun, kerangka kedua berusia 30-an tahun, dan yang tertua berusia 50-an tahun. Ketiga muslim itu meninggal dunia bukan karena luka dalam peperangan.

    Sedangkan tes penanggalan radiokarbon menunjukkan kerangka tersebut berasal dari abad ketujuh hingga kesembilan. Para arkeolog menduga, ketiga kerangka itu adalah bagian dari pasukan muslim yang menaklukkan Eropa pada masa itu.

    "Kami tahu bahwa muslim datang ke Prancis pada abad kedelapan. Namun, selama ini, kami tak memiliki bukti material terkait kedatangan mereka. Dengan penemuan makam tersebut, bukti otentik telah ditemukan," kata Yves Gleize, atropolog Perancis.

    Makam muslim di Nimes itu ditemukan oleh para pekerja konstruksi saat menggali jalan utama Kota Nimes untuk membangun tempat parkir bawah tanah. Sebelumnya, pemakaman muslim juga ditemukan di Montpellier dan Marseimulle, Prancis. Makam ini diperkirakan berasal dari abad ke-12 dan 13. (*)

    Oleh: akbar aulia / bar

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Daan Mogot, Pahlawan Nasional Termuda
    5 Fakta Imlek yang Belum Banyak Diketahui Orang
    Susi: Saya Senang, Berarti Dianggap Pintar Dong
    Putusan Presiden Tunisia soal Poligami Bikin Heboh
    Ini Masjid Tempat Salat Jumat setelah Proklamasi

    Editorial