Hot News


Inspirasi


  • Dirgahayu Sat Linmas ke-58
    Dirgahayu Sat Linmas ke-58

    NEGARA Republik Indonesia lahir melalui perjuangan bangsa dan pahlawannya yang melepaskan diri dari penjajahan dan sejajar dengan bangsa di dunia.

    Fosil Buaya Laut Raksasa Ditemukan di Tunisia
    Machimosauchus Rex. Inset: Perbandingan ukuran.

    Fosil Buaya Laut Raksasa Ditemukan di Tunisia

    • Sabtu, 30 Januari 2016 | 14:15:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews – Belum lama ini, para paleontolog menemukan fosil buaya laut raksasa di padang pasir Tunisia, Afrika. Predator besar prasejarah berusia sekitar ratusan juta tahun lalu yang hidup antara masa Awal Jurassic hingga Awal Cretaceous ini hampir 10 meter dan diperkirakan memiliki berat tubuh 3 ton.

    Para ahli memberi nama spesies terbaru ini, Machimosaurus Rex. Walaupun hanya sisa-sisa fosil, seperti tengkorak dan beberapa tulang, ini cukup mengidentifikasi bahwa reptil tersebut merupakan buaya laut terbesar. Fosil tersebut ditemukan oleh Federico Fanti dari University of Bologna, Italia dan seorang ahli dari National Geographic Society.

    Para ilmuwan sedang menunggu penemuan kerangka yang lebih lengkap untuk mengetahui secara persis seberapa besar ukuran Machimosaurus rex. Namun Federico Fanti, penemu fosil  memperkirakan Machimosaurus Rex memiliki panjang tubuh mencapai 9,6 meter.

    Gigi karnivora ini mungkin memberikan sebuah petunjuk seperti apa keadaan laut pada zaman dahulu. Hewan ini diduga sebagai predator penyergap, berkeliaran di peraiaran dangkal untuk memburu penyu dan ikan dan kemungkinan juga menunggu beberapa hewan di dekat bibir pantai.

    "Machimosaurus rex memiliki gigi yang padat, cukup pendek dan bulat. Tengkorak besar yang dia miliki juga mampu memberikan kekuatan luar biasa pada gigi. Dengan kelebihan itu, buaya jenis ini merupakan pemburu generalis yang memakan berbagai jenis hewan kecil termasuk kura-kura laut besar," kata Fanti seperti dikutip dari jurnal Cretaceous Research.

    Para Paleontologists telah lama memperdebatkan tentang peristiwa kepunahan massal pada akhir periode Jurassic, 145 juta tahun lalu termasuk berdampak terhadap kelompok Machimosaurus Rex.

    Diketahui, buaya air tawar terbesar yang pernah ditemukan ilmuwan adalah Sarcosuchus Imperator yang pernah hidup di bumi pada 110 juta tahun lalu. Panjang tubuh Sarcosauchus mencapai 12 meter dan memiliki berat 8 ton. (*)

     

    Oleh: akbar aulia / bar

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Pertanyaan Menggelitik: Apakah Covid-19 Benar-benar Ada?
    Populasi Serangga Makin Turun. Pertanda Kiamat Sudah Dekat? Ini Penjelasan Entomologis LIPI
    Hebat, Selandia Baru Sudah Menyatakan Bebas dari Covid-19
    Baju APD Buatan Indonesia Lolos ISO 16604 Class 3
    Seekor Bayi Gajah di Taman Safari Bogor Dinamai Covid19
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Buku Wagun
      walikota

      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads