ultah bandung

Hot News


JN-TAM

Inspirasi


    Dibangun Danau, Warga Cieunteung Sepakat Pindah
    net

    Dibangun Danau, Warga Cieunteung Sepakat Pindah

    JuaraNews, Bandung - Warga Kampung Cieunteung, Kelurahan/Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung sepakat untuk direlokasi menyusul rencana Pembangunan Danau Retensi di kawasan langganan banjir tersebut.

    Kesepakatan untuk pindah tersebut dituangkan dalam Berita Acara Kesepakatan Rencana Pembangunan Danau Retensi yang ditandatangi sejumlah warga di Aula Kelurahan Baleendah, Rabu (27/1/2016).

    Kasubag Administrasi Pertanahan Setda Peprov Jabar Asep Saepudin mengatakan, warga Kampung Cieunteung akan dipindah ke tempat baru dengan kompensasi yang diberikan pemerintah.

    "Ada 570 warga Kampung Cieunteung yang harus menandatangani berita acara ini sebagai persetujuan pembangunan danau retensi itu. Mayoritas menandatanganinya dan kalau ada yang tidak setuju, akan dibicarakan kembali. Tapi sampai saat ini, positif, mereka ingin segera pindah," kata Asep di Aula Kelurahan Baleendah, Rabu (27/1/2016).

    Penandatanganan berita acara tersebut, jelas Asep, merupakan kegiatan penutup dari 3 kali sosialisasi dan diskusi publik mengenai rencana pembangunan danau retensi. Sebagian besar warga, ujar Asep, ingin tanah dan bangunannya segera dibeli pemerintah agar bisa tinggal di tempat yang lebih aman.

    Warga sendiri banyak yang khawatir jumlah kompensasi yang diberikan terlalu kecil. Ada juga yang khawatir kampung mereka ternyata tidak dijadikan danau retensi, melainkan apartemen atau perumahan.

    Asep menambahkan, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan sudah memutuskan Kampung Cieunteung dijadikan danau retensi dan tidak dapat diubah lagi. Untuk pembangunan danau retensi itu, dibutuhkan 6,7 hektare lahan. Danan Retensi tersebut nantinya akan dijadikan danau pengendali banjir dan kekeringan di wilayah Bandung Selatan.

    "Setelah konsultasi publik ini, tinggal penentuan lokasi dan nanti ada pembayaran. Ini diserahkan kepada Kementerian Pekerjaan Umum, BBWS, dan BPN. Gubernur menargetkan 2016 ini pembangunan dimulai, setelah pembebasan lahan selesai," katanya. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Pemkot Bandung Fokus Percepatan Intervensi Stunting
    Pemkot Bandung Mulai Proses Pembangunan Rumah Deret Tamansari
    Antisipasi Bajir, Pemkot Bandung Bangunan Dua Kolam Retensi Baru
    Kelurahan Kebon Gedang Kota Bandung Bentuk Komunitas Tanggap Stunting
    Di Masa Pandemi Covid-19, Pemkot Bandung Ajak BUMN dan BUMD Salurkan CSR di Bidang Pendidikan
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Pos Indonesia kanan
      walikota

      Info Kota


      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads