Pos Indonesia

Hot News


JN-TAM

Inspirasi


  • Dirgahayu Sat Linmas ke-58
    Dirgahayu Sat Linmas ke-58

    NEGARA Republik Indonesia lahir melalui perjuangan bangsa dan pahlawannya yang melepaskan diri dari penjajahan dan sejajar dengan bangsa di dunia.

    Polisi Awasi Gerakan Radikal Islam di 11 Kecamatan
    net ilustrasi

    Polisi Awasi Gerakan Radikal Islam di 11 Kecamatan

    • Selasa, 19 Januari 2016 | 04:36:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung - Jajaran Polres Bandung bakal mengawasi ketat jaringan radikal Islam yang berpotensi menjadi teroris, yang tereteksi ada di 11 dari 31 kecamatan di Kabupaten Bandung.

    Ke-11 kecamatan tersebut, yakni Kecamatan Cimenyan, Baleendah, Bojongsoang, Ciwidey, Nagreg, Rancaekek, Nagreg, Pangalengan, Cimaung, Pasirjambu dan Kecamatan Soreang.

    Kapolres Bandung KBP Erwin Kurniawan mengaku, wilayah hukum Polres Bandung tersebut menjadi salah satu penyumbang pelaku terorisme. Hal tersebeut terlihat, dalam beberapa tahun terakhir, banyak terkadi penangkapan terduga teroris yang dilakukan Densus 88 Antiteror Mabes Polri.

    "Tapi bukan berarti di Kecamatan lain tidak ada, tapi bisa jadi belum terdeteksi,"tutur Erwin, Senin (18/1/2016).

    Dari sejumlah aksi teror di Indonesia, kata Erwin, diperkirakan mencapai 90% pelakunya berasal dari Jabar, dan beberapa di antaranya merupakan warga Kabupaten Bandung. Kebanyakan mereka merupakan anggota dan simpatisan ISIS dan Al Qaeda.

    Beberapa orang, berhasil ditangkap Densus 88 Anti teror, beberapa diantaranya tewas dalam baku tembak dengan petugas, sebagian lagi telah dihukum dan beberapa orang diindikasikan masih berkeliaran.  

    "Ada 7 tersangka yang dalam proses sidik terkait teroris. Sebgaian sudah dibebaskan karena tidak terbukti. Dari situ tidak menutup kemunkinan ada indikasi jaringan teroris di wilayah Kabupaten Bandung," paparnya.

    Menurut Erwin, warga Kabupaten Bandung yang teridentifikasi masuk jarinan teroris adalah Enceng Kurnia, warga Kampung Cikaro Nagreg yang ditembak mati Densus 88 . Selain itu, ada Budi Syarif warga Kampung Sukamulya, Banjaran Wetan yang tewas saat penggrebekan di belakang Pesantren Albasyariah Kecamatan Margaasih.

    Lalu Helmy warga Tenjolaya Kecamatan Pasirjambu yang ditangkap dan telah dihukum 6 ahun penjara. "Sekarang Helmy telah bebas, dia kembali ke kampunya dan terus kami awasi," ucapnya.

    Tidak hanya itu, beberapa orang juga teridentifikassi masuk jaringan ISIS. Seperti, Heri Gunawan warga Cikoneng Bojongsoang yang diduga berangkat ke Suriah pada 2013 lalu, bersama anak istrinya menggunakan visa belajar. Adang, warga Kampung Pameutingan, Baleendah juga brangkat ke Suriah bersama isteri dan 6 anaknya. Diduga dia terlibat ddalam jaringan ISIS.

    Hal yang sama juga dilakukan tetangganya, Dadang Koswara. Lalu Aisyahnaz Yasin, warga Rancakasumba Solokanjeruk juga diduga berangkat ke Suria dan masuk ISIS. Terakhir, 3 warga Kabupaten Bandung ditangkap oleh Densus 88 karena diduga terlibat aksi terorisme. Mereka adalah AS, AA dan FR, masing-masing warga Ciwidey, Cimaung, dan Baleendah.

    "Mantan tahanan terduga terorisme warga Kabupaten Bandung ada 2 atau 3 orang, terus dilakukan pengawasan. Karena bukan tidak mungkin masih terlibat dan membentuk sel-sel baru," tandas Erwin.

    Erwin menambahkan, dengan indikasi tersebut pihaknya akan terus melakukan operasi kepolisian terkait aksi terorisme.  Agar masyarakat mendaptkan rasa aman dan nyaman. Polisi juga tidak akan tinggal diam dalam memerangi aksi tindakan radikal di Jabar, khusunya di wilayah hukum Polres Bandung. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Prakiraan Cuaca Jumat (7/8), BMKG : Potensi Hujan Lokal Terjadi di Bandung Pada Siang Hari
    Sekda Kabupaten Bandung Teddy Kusdiana Meninggal Dunia
    Antisipasi Covid-19, 1.659 Mahasiswa Unisba Ikuti Pesantren Virtual
    Pemkot Bandung Masih Kaji Terkait Pemberian Relaksasi Tempat Hiburan
    Minta Izinya Dibuka Kembali, Para Pekerja Hiburan Malam Kota Bandung Demo
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Imani Center
      Buku Wagun
      walikota

      Info Kota


      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads