ultah bandung

Hot News


Inspirasi


    Mug Berisi Air Panas Bisa Charge Ponsel
    Mug charger ciptaan Ann Makosinski.

    Mug Berisi Air Panas Bisa Charge Ponsel

    JuaraNews – Ann Makosinski, seorang mahasiswi St. Michael University School, Kanada membuat charger atau pengisi daya untuk mengisi baterai telepon seluler alias handphone dari sebuah mug berisi air panas. Charger mug berisi air panas ini diberi nama eDrink.

    Prinsip dasar cara kerja mug charger ini adalah mengubah energi panas menjadi listrik. Mug dari stainless steel yang berfungsi sebagai thermoelektrik tersebut telah disematkan soket USB. Hanya dengan kabel penghubung, ponsel bisa terisi. Berkat karya dan inovasinya itu, Ann meraih hadiah USD50.000 setara Rp700 juta (kurs USD1 = Rp14.000) dari perusahaan minyak Shell.

    Terdapat dua manfaat dari mug charger ini, pertama, ponsel bisa terisi daya. Kedua, minuman panas bisa segera dinikmati karena setelah diubah menjadi listrik, suhu minuman cepat menurun dan siap untuk dinikmati.

    Ann, gadis berdarah Filipina, lahir dan tinggal Victoria, British Columbia, Kanada ini, juga pernah menciptakan lampu senter yang ditenagai oleh air panas. Air panas yang dimasukkan ke dalam tabung dapat memicu tenaga listrik 5,4 mikrowatt. Dengan listrik ini, lampu senter menyala.

    Lampu senter dengan catu daya air panas ini pernah diikutkan dalam lomba sains yang digelar Google, yakni Google Science Fair 2013. Di ajang ini, Ann meraih juara satu dan meraih hadiah beasiswa USD25.000 setara Rp350 juta.

    Sebelum mug charger, ada penemuan lain berupa sepatu yang bisa digunakan untuk men-charge baterai ponsel. Cara kerja sepatu ini, energi listrik terkumpul lewat reaksi gerak selama sepatu dipakai untuk berjalan atau berkegiatan. Untuk men-charge ponsel, pengguna tinggal menggunakan kabel penghubung yang ditancapkan disoket USB yang telah tersedia di bawah sepatu. (*)

     

    Oleh: akbar aulia / bar

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Sequoia, Pohon Terbesar dan Tertua di Dunia
    Tradisi Budaya Indonesia yang Biasa Dilakukan pada Muharam
    Pertanyaan Menggelitik: Apakah Covid-19 Benar-benar Ada?
    Populasi Serangga Makin Turun. Pertanda Kiamat Sudah Dekat? Ini Penjelasan Entomologis LIPI
    Hebat, Selandia Baru Sudah Menyatakan Bebas dari Covid-19
    Berita Terdahulu

    Editorial


      walikota

      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads