web stats service from statcounter

Hot News


Inspirasi


    Ma dan Istri 10 Tahun Tinggal di Dalam Sumur
    Sumur tempat tinggal Ma Fulai dan istrinya.

    Ma dan Istri 10 Tahun Tinggal di Dalam Sumur

    • Minggu, 3 Januari 2016 | 13:39:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews – Ternyata, biaya hidup di Kota Zhengzhou, Henan, China pun mahal. Terutama harga rumah alias tempat tinggal. Wajar jika Ma Fulai dan istrinya memutuskan tinggal di dalam sumur dalam 10 tahun terakhir.

    Fenomena manusia tinggal di dalam sumur ini menjadi heboh setelah diberitakan sejumlah media asing termasuk Daily Mail, BBC, dan Sanghaiist. Pihak pemerintah Henan akhirnya membongkar rumah sumur tersebut dan mengusir Ma serta istrinya. Alasan Ma tinggal di dalam sumur di dalam lingkungan kampus Universitas Henan itu, sungguh miris, sekadar untuk menghemat uang.

    Bagaimana ceritanya Ma dan istri bisa tinggal di dalam sumur berukuran 163 meter persegi tersebut? Awalnya, Ma Fulai diterima bekerja oleh perguruan tinggi tadi untuk merawat mesin-mesin genset dan pendingan ruangan atau air conditioner (AC) di kampus tersebut. Ma dan istri lalu pindah Desa Gongyi ke kampus yang berada di pusat Kota Zhengzhou. Di kampus ini, Ma menemukan sebuah bangunan sumur yang terbengkalai.

    Lalu dia meminta izin pihak kampus untuk menyulapnya menjadi tempat tinggal. Pihak kampus semula tak mengizinkan dan menyarankan Ma untuk tinggal di rumah susun. Namun Ma menolak saran tersebut karena khawatir tak mampu membayar sewa kamar di rusun tersebut.

    Akhirnya pihak kampus mengizinkan. Apalagi Ma sangat cekatan dalam bekerja. Dia selalu tepat waktu dan mahir memperbaiki jenset yang rusak. Untuk masuk ke dalam sumur, Ma memasang tangga. Di dalam sumur juga tersedia berbagai peralatan rumah tangga umumnya, seperti televisi, mesin cuci, kulkas, tempat menanak nasi, dan lain-lain.

    Hui, pimpinan Universitas Henan mengatakan, Ma Fulai dan istrinya bertugas merawat jenset dan AC di setiap ruangan di kampus itu. “Hasil dari pekerjaan mereka sangat baik. Mereka orang yang sangat jujur dan serius dalam bekerja. Jika mereka mau pindah ke tempat tinggal yang layak, kami akan fasilitasi,” kata Hui.

    Sejumlah netizen pun menyarankan Ma Fulai dan istrinya pidah dari sumur tersebut ke tempat tinggal yang lebih layak huni. Setelah mendapat jaminan dari pihak universitas, akhirnya Ma bersedia pindah dari sumur bawah tanah tersebut. (*)

    Oleh: akbar aulia / bar

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Daan Mogot, Pahlawan Nasional Termuda
    5 Fakta Imlek yang Belum Banyak Diketahui Orang
    Susi: Saya Senang, Berarti Dianggap Pintar Dong
    Putusan Presiden Tunisia soal Poligami Bikin Heboh
    Ini Masjid Tempat Salat Jumat setelah Proklamasi

    Editorial