Bio Farma, Raih Penghargaan KIP

Bio Farma, Raih Penghargaan KIP

  • Selasa, 16 Desember 2014 | 09:30:00 WIB
  • 0 Komentar

JuaraNews, Bandung - Bio Farma berhasil menempati peringkat pertama Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dari Komisi Informasi Pusat. Penghargaan diberikan langsung Wakil Presiden Jusuf Kalla kepada Direktur SDM PT Bio Farma Andjang Kusumah di Istana Wapres, Jumat (12/12) lalu.

Penghargaan tersebut semakin menambah jumlah penghargaan yang diraih Bio Farma sepanjang bulan Desember 2014. Sebelumnya, Bio Farma meraih penghargaan PROPER Emas dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Best CEO, Best BUMN serta penerapan Sustainability Report atau laporan keberlanjutan dengan menerapkan GRI (Global Reporting Initiative)- G4 dari NCSR (National Center for Sustainability Report).

Peringkat 1 Keterbukaan Informasi Publik pun diraih melalui mekanisme cukup ketat. Mulai dari mengirimkan formulir hingga melengkapi bukti aktivitas keterbukaan informasi yang mengacu pada UU KIP No 14 Tahun 2008. Bio Farma pun telah mengimplementasikan keterbukaan informasi publik pada awal-awal tahun setelah UU KIP ada, yakni sekitar 2009.

“Kami memiliki perangkat dan mekanisme KIP yang lengkap dan diperbaharui setiap tahun. Kami telah menyusun klasifikasi informasi publik yang terdiri dari informasi berkala, informasi serta merta, dan informasi yang wajib disediakan. Selain itu, kami pun menyediakan akses informasi publik, khususnya melalui website www.biofarma.co.id yang sudah seperti aktivitas media cetak, dan rutin menerbitkan berita-berita terbaru aktivitas dan kinerja perusahaan yang diintegrasikan dengan media sosial," papar Kepala Bagian Corporate Communications Bio Farma, N. Nurlaela selaku Pejabat PPID Bio Farma.

“Tahun Lalu kami masuk peringkat 2 KIP. Dan tahun ini kami melakukan banyak improvement seperti menyediakan ruangan khusus yang representatif untuk layanan informasi publik, menerbitkan berbagai cetakan untuk sosialisasi tentang KIP, sehingga ketika dilakukan audit dan visitasi oleh tim penilai dari Komisi Informasi Pusat pada 26 November 2014. Bio Farma meraih nilai 85.8 untuk penerapan KIP di antara BUMN yang dinilai," pungkasnya. (*)

Oleh: ageng rustandi / ang

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Rupiah Menguat di Tengah Wabah Virus Corona
Pos Indonesia Terapkan Protokol Antisipasi Penyebaran Corona
Antispasi Serangan Virus Corona, Bank BJB Berlakukan Work Form Home
PLN Tetap Siaga Menjaga Pasokan Listrik Masyarakat, di Tengah Merebaknya Covid-19
RUU Cipta Kerja Diperlukan untuk Antisipasi Peningkatan Angka Pengangguran

Editorial