persipura1 Olah-Raga

Inter Island Cup 2014 Penuh Gengsi


persipura1Juaranews – Jelang laga Turnamen Inter Island Cup 2014 ini adalah edisi keempat yang digelar PT Liga Indonesia. Turnamen yang sengaja digelar oleh LIGA untuk memberikan kesempatan uji coba pra musim kepada klub peserta ISL ini pertama kali digelar pada tahun 2010, dengan memunculkan Sriwijaya FC sebagai juaranya.

 

Pada gelaran perdana, Inter Island Cup hanya diikuti oleh 6 klub. Mereka terbagi ke dalam dua grup, Grup di Malang : Arema, PSM Makassar dan Persiwa Wamena. Sedangkan Grup lainnya dimainkan di Palembang, yakni Sriwijaya FC, Persiba Balikpapan dan Persib Bandung. Klub-klub tersebut diundang tampil, sebagai representasi dari masing-masing pulau.

 

Sriwijaya FC tampil sebagai kampiun setelah menaklukkan Persiwa dengan skor 2-0 dalam laga final di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, 5 September 2010. Dua gol Laskar Wong Kito yang diasuh Ivan Kolev saat itu dicetak oleh Park Jung Hwan dan Budi Sudarsono.

 

Pada edisi IIC 2011, jumlah peserta bertambah menjadi 12 klub, dibagi ke dalam 4 grup. Berbeda dengan sebelumnya, pada babak penyisihan IIC 2011 ini, ketiga klub bermain dengan format seperti Trofeo Berlusconi. Di setiap grup, 3 klub bermain dalam satu hari dengan format 3 x 45 menit, dan setiap pertandingan harus menghasilkan pemenang (tidak ada hasil seri), sehingga bila terjadi hasil seri pada akhir babak, maka harus dilakukan adu tendangan penalti.

 

Pada fase semifinal dan final, durasi pertandingan kembali ke aturan normal, 2×45 menit. Dan, Persipura berhasil merebut gelar juara setelah mengalahkan Persisam Samarinda dengan skor 2-0, 26 November 2011.

 

Peserta IIC kembali bertambah menjadi 16 klub pada tahun 2012. Terbagi ke dalam 4 grup, masing-masing terdiri dari 4 klub, bermain dengan sistem setengah kompetisi dalam format home tournament. Sriwijaya FC kembali menjadi juara untuk yang kedua kalinya, setelah di laga final menang atas Persisam Samarinda, 7-6 lewat drama adu penalty di Stadion Manahan, Solo, 23 Desember 2012.

 

“Untuk tahun ini (IIC 2014), bobot turnamen akan menjadi lebih bergengsi dan kompetitif. Seluruh peserta ISL akan turut serta dalam IIC 2014, sehingga ada peningkatan yang signifikan dari sebelumnya. Di fase kualifikasi zona pun, sudah banyak tersaji big match dan derby ketat yang membuat IIC semakin menarik disaksikan,” kata Joko Driyono, CEO PT Liga Indonesia seperti di lansir liga Indonesia.com

 

Ya, IIC 2014 ini memang punya gengsi tersendiri. Selain membela gengsi sebagai wakil terbaik di masing-masing zona, para peserta juga bisa mengukur secara jelas peta kekuatan yang akan dihadapi di kompetisi ISL 2014. Turnamen IIC 2014 ini laksana ISL mini, karena ketika memasuki babak 8 besar pun, seperti menjadi simulasi saat babak 8 besar ISL 2014 nanti.

 

IIC 2014 akan berlangsung mulai pada 10 – 25 Januari 2014. Pada hari pertama, Sabtu (10/1), akan menyajikan tujuh pertandingan dari 4 zona, yakni Semen Padang vs Sriwijaya FC, Arema Indonesia vs Persepam MU, Persija vs Persela, Barito Putera vs Persisam, Mitra Kukar vs Persiba, Persipura vs Perseru, Persiram vs PSM.

 

Pada gelaran IIC 2014 ini, stasiun televisi Indosiar menjadi pemegang hak siarnya. Indosiar akan menayangkan sebanyak 30 pertandingan IIC 2014 (live dan delay) dari mulai penyisihan hingga final. Pada babak penyisihan, siaran langsung hanya dilakukan dari Zona Jawa grup 1, 2 dan 3.

 

Suguhan perdana dari siaran langsung IIC 2014 ini akan tersaji dari Stadion Kanjuruhan, Malang, Jumat (10/1), Arema Indonesia vs Persepam MU (15:30 WIB) dan Persija vs Persela (19:00 WIB).(hen)

 


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × three =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>